Sukses

Kemerahan pada telapak kaki (2)

17 Sep 2009, 14:34 WIB
Wanita, 28 tahun.
Yth. dokter Menjawab pertanyaan dokter pada masalah saya (kemerahan pada telapak kaki) saya sekalian menjawab dan mau bertanya pada dokter. pertanyaan dokter waktu itu sbb : 1. seperti sejak kapan keluhan Anda ini terjadi (keluhan lebih kurang sudah 3 tahun) 2. apakah kemerahan tersebut terjadi terus menerus atau hilang timbul (kemerahan ditelapak kaki hilang timbul dokter) 3. dimanakah lokasi tepatnya benjolan pada telapak kaki Anda (lokasi leboh sering ditumit dan di ujung kaki saya) 4. apakah Anda memiliki alergi (alergi makanan alhamdulillah tidak kalau obat yg berbau penicilin) 5. apakah keluhan nyeri ketika berjalan tersebut sudah lama terjadi (keluhan ketika berjalan hampir sama dengan keluhan itu datang, tetapi kalau dibawa jalan agak sakit dan ngilu2) 6. apakah nyeri tersebut berhubungan dengan kemerahan pada kaki Anda (mungkin berhubungan dokter karna kalau dibawa jalan sakit dan ngilu) 7. apakah Anda memiliki keluhan lainnya (keluhan lain kalau yg bagian yg satu sudah sembuh kadang2 muncul dibagian lain di telapak kaki) saya kadang2 juga berpikir sepatu salah satu penyebabnya karena saya beli sepatu jarang yg enank dipakai. jadi dokter kalau mau berkonsultasi ke dokter manakah saya harus pergi..... trmkasih ( perempuan, 28 thn,162 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Untuk mengetahui secara pasti apa penyebab dari keluhan Anda, haruslah dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan apabila perlu ditambahkan pemeriksaan penunjang. Keluhan yang Anda alami sudah berlangsung dalam jangka waktu lama (kronik) serta hilang timbul. Seperti yang kami katakan kemarin, bahwa penyebab dari keluhan Anda dapat berupa iritasi/peradangan atau alergi. Iritasi tersebut dapat disebabkan karena berbagai hal, diantaranya memang mungkin saja kondisi sepatu yang tidak nyaman dipakai.

Mungkin untuk menguji coba, saat ini Anda dapat menggunakan sepatu yang nyaman dipakai atau menggunakan sendal. Apabila keluhan Anda berkurang, mungkin saja memang keluhan tersebut berasal dari sepatu yang tidak nyaman. Namun apabila keluhan masih terus terjadi, mungkin hal tersebut disebabkan karena penyebab lain. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter umum terlebih dahulu, apabila perlu, akan dilakukan sistim rujukan ke spesialis.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar