Sukses

Kadar Hb

18 Oct 2014, 05:46 WIB
Wanita, 24 tahun.
Sejak awal kehamilan hingga saat ini hamil 31 minggu, hemoglobin level saya turun dari angka 10.2 ke 9.0 padahal saya sudah mengkonsumsi banyak suplemen zat besi dan makanan yg banyak mengandung zat besi. Saya sempat berkonsultasi dengan hematolog dan kemungkinan saya menderita thalassemia minor dikarenakan Hb A2 saya lebih tinggi dari angka rujukan sementara Hb A masih dalam angka normal. Hasil test G6PD malah lebih tinggi dari angka rujukan. Hematolog menyarankan bahwa saya harus mendapatkan transfusi darah, yang mau saya tanyakan, apa memang dengan Hb 9.0 ini beresiko masalah terhadap janin? Apakah memang transfusi darah ini efektif untuk meningkatkan level Hb sementara saya sudah di trimester akhir kehamilan? Saya sempat juga berkonsultasi dengan dua gynaecolog, yg pertama menyebutkan bahwa angka 9.0 masih normal sementara yg kedua menyebutkan bahwa angka ini tidak baik. Saya jadi bingung patokan untuk Hb level itu berapa untuk ibu hamil? Dan kondisi saya pun saat ini masih bisa beraktivitas normal, tidak lemas atau pusing. Satu pertanyaan lagi, apakah level Hb yang rendah ini juga berpengaruh terhadap kondisi kulit yang gatal-gatal yang saya suspect mungkin adalah PUPPP?Atau mungkin Hb rendah ini berpengaruh terhadap fungsi hati yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit? Terima kasih.( perempuan, 24 thn,163 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kadar Hb dibawah 11 dianggap tidak normal (anemi), tentu harus dicari penyebabnya dan sudah baik karena Anda sudah konsultasi dengan hematolog dan penyebabnya kemungkinan thalassemia minor.

Tentu sebaiknya suami juga perlu diperiksa untuk mengetahui apakah juga pembawa thalasemia (minor). Hal ini penting untuk antisipasi bayi yang akan dilahirkan.

Memang kadar Hb diatas 7 belum memerlukan transfusi segera. Tetapi harus diperhatikan bahwa kondisi anemia ini bisa mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan, jadi Anda perlu diskusi ketat dengan dokter kandungan Anda soal perkembangan janin.

Juga harus hati-hati saat Anda akan melahirkan baik normal atau dengan operasi karena kadar Hb yang rendah bisa membahayakan kalau terjadi perdarahan.

Jika kadar Hb tetap dibawah 10 menjelang persalinan,perlu dipertimbangkan untuk transfusi darah sampai kadar Hb mencapai 10, untuk mencegah terjadinya perdarahan dan komplikasinya.

Perihal gatal-gatal di kulit sebaiknya Anda konsultasi dulu dengan dokter kulit. Anemia tidak menyebabkan gatal-gatal di kulit.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG

    1 Komentar

    • Kis******ty

      Siang dok Dok usia kehamilan saya 19w , kemarin abis periksa darah ternyata HB saya rendah 7,6 . Pas saya masih gadis pun hb selalu rendah . Apa masalah dengen janin ?? Dan cara mengatasinya bagaimana yah dok