Sukses

Lepas IUD - Haid Iregular

18 Oct 2014, 09:06 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok sy baru lepas IUD bln maret 09, sebelumnya haid sy lancar dan teratur selama 7 hr namun setelah lepas IUD haid sy jd telat (43 hr) dan hanya 3 hr, sy memiliki anak 1 (5 thn) dan merencanakan untuk hamil anak kedua. Pertanyaan sy apakah karena haid sy yg tdk teratur jd sulit hamil? Krn saat hamil anak pertama hanya 3 bln setelah menikah. Bagaimana agar cepat hamil? Terima kasih.( perempuan, 25 thn,161 cm,77 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

IUD bekerja dengan menyebabkan peradangan ringan pada dinding rahim sehingga tidak mungkin terjadi implantasi embrio. IUD yang mengeluarkan hormon memiliki kerja tambahan yaitu dengan menekan fungsi ovarium atau indung telur. Karena itu, pada umumnya dibutuhkan waktu 1 - 2 siklus menstruasi sebelum dapat terjadi keteraturan menstruasi dan kehamilan.

Namun, pada kasus Ibu, IUD sudah dilepas 6 bulan yang lalu, dan siklus mentruasi masih tidak teratur. Ketidakteraturan siklus menstruasi memang merupakan penyulit terjadinya kehamilan. Siklus haid perempuan normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. Kemungkinan yang paling sering adalah gangguan atau sress psikologis atau pada ovarium (sindrom ovarium polikistik). Untuk mengetahui penyebabnya, sebaiknya Ibu berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar