Sukses

Menurunkan berat badan

16 Sep 2009, 12:24 WIB
Wanita, 27 tahun.
dok...saya dah menikah saya ingin menerunkan berap badan , saya juga belom punya anak..gmana caranya dok....kenapa setelah menikah saya malah naik beray badan suami juga begitu...??? diat yang aman dok...!! makasih....( perempuan, 27 thn,165 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), Ibu termasuk ke dalam golongan overweight atau berat badan berlebih dengan IMT 25,71. Berat badan ideal dapat dicapai dengan menyesuaikan antara asupan masuk dan keluar.

Dengan demikian, untuk menurunkan berat badan, masukan kalori atau makanan Ibu harus lebih sedikit dari kalori yang Ibu keluarkan. Yang terbaik adalah dengan mengurangi porsi makan Ibu dan melakukan olahraga secara teratur. Adapun olahraga jenis aerobik sangat berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme. Dan diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, renda karbohidrat simpleks, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dan protein.

Berikut adalah tips-tips yang dapat Ibu terapkan untuk menurunkan berat badan:

  1. Olahraga seminggu 3 kali, setiap kali minimal 30 menit
  2. Kurangi konsumsi nasi putih, mie kuning, roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks
  3. Hindari konsumsi gorengan dan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dsb
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Pilihlah buah yang masih segar dan belum diolah
  5. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)
  6. Batasi makan malam sampai jam 7 malam. Apabila melebihi jam tersebut, Ibu dapat mengonsumsi buah atau sayur.
  7. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran

Dan mengingat hal ini bukanlah sesuatu yang mudah, diperlukan komitmen dan motivasi yang kuat dari Ibu. Senantiasalah berpegang pada motivasi tersebut hingga target Ibu tercapai dengan baik. Dan yakinlah pada kemampuan Ibu, bahwa kerja keras Ibu tentunya akan mendatangkan sesuatu yang baik di kemudian hari.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar