Sukses

Normalkah Tidak Ereksi di Pagi Hari?

07 Nov 2014, 10:21 WIB
Pria, 27 tahun.

Yth Dokter, Saya akhir-akhir merasa bahwa setiap pagi tidak mengalami ereksi pagi hari, tapi apabila saya meminum madu dan susu maka bisa terjadi, mohon penjelasannya.(laki-laki, 27 thn, 179 cm, 80 Kg)

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Hampir semua laki-laki akan mengalami ereksi saat terbangun di pagi hari. Sebenarnya ereksi ini tidak hanya terjadi di pagi hari, melainkan juga terjadi beberapa kali tanpa disadari selama tertidur malam harinya. Mengapa demikian?

Penis dapat mengalami ereksi sebagai respon terhadap rangsangan seksual, akan tetapi dapat pula terjadi sebagai respon terhadap kondisi relaksasi yang dalam, seperti saat periode tidur dalam yang disebut REM (Rapid Eye Movement) di mana seseorang akan mengalami mimpi. Karena alasan tersebut ereksi juga dapat terjadi berkaitan dengan mimpi yang sifatnya merangsang. Adapun mekanisme terjadinya masih belum diketahui dengan pasti, akan tetapi umumnya laki-laki akan mengalami empat interval tidur REM setiap malamnya, disertai ereksi yang dapat bertahan selama 20-30 menit. Inilah sebabnya apabila kemudian terbangun setelah tidur REM, laki-laki umumnya akan mendapatkan penisnya sedang mengalami ereksi.

Lalu apakah hubungan madu dan susu dengan ereksi ini? Berikut penjelasannya:

Lalu apakah hubungan madu dan susu dengan ereksi ini?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis bahan makanan yang dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang secara individual, baik makanan itu dapat membuat tidur lebih nyenyak atau justru menyulitkannya. Susu dan madu merupakan beberapa dari jenis bahan makanan yang dapat membantu tidur menjadi lebih dalam. Hal ini terjadi akibat asam amino L-triptofan yang terkandung di dalamnya, dan tindakan menyampur madu di dalam susu dapat meningkatkan kadar L-triptofan dalam darah yang akan membuat tidur menjadi lebih dalam lagi. Selain itu, kandungan gula dalam madu juga dapat menstimulasi otak untuk menghentikan produksi orexin, sebuah hormon neuropeptida yang  dapat menstimulasi seseorang untuk tetap waspada dan bersemangat.

Tampaknya saat ini Anda hanya sedang mengalami gangguan pada kualitas tidur Anda sehingga Anda tidak mengalami periode tidur dalam (REM). Hal ini juga yang kemudian menyebabkan ketiadaan ereksi penis saat terbangun pagi harinya, juga dapat mempengaruhi aktivitas  sehari-hari Anda. Apabila benar demikian, maka terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, yaitu:

  1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
  2. Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol, narkotik, dsb.
  3. Cobalah mengatur pola tidur Anda. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.
  4. Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur. Buatlah diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, dsb.
  5. Relaksasi. Buatlah diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.
  6. Berpikir positif. Cobalah untuk menerima dan menghadapinya setiap persoalan dengan lapang hati.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar