Sukses

Nyeri perut kanan bawah

14 Sep 2009, 13:49 WIB
Wanita, 24 tahun.
dok..kenapa ya, di perut sebelah kanan bagian bawah saya sering terasa nyeri..?tapi kadang2 aja dok.. apa mungkin ada kelainan di organ reproduksi saya?semacam kista mungkin..ato yg lainnya. karena,setelah 6 bulan menikah, saya belum hamil juga dok.. padahal..saya ingin sekali punya anak. memang, saya belum konsul ke dokter..saya bingung mau periksa dimana..dokter kandungan ato penyakit dalam?? mohon jawaban dan petunjuknya dok.. terima kasih.. (perempuan, 24 thn,159 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa terdapat beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, usus, hingga organ reproduksi perempuan. Dari beberapa organ tersebut, penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis) atau gangguan pada organ reproduksi perempuan. Oleh sebab itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

  1. "Sejak kapan Anda mengalami keluhan tersebut?"
  2. "Bagaimanakah gambaran nyerinya?"
  3. "Adakah saat-saat tertentu di mana nyeri timbul, memburuk, atau membaik?"
  4. "Adakah keluhan lain yang menyertai seperti demam, mual, muntah, keluhan buang air besar, dsb?"
  5. "Apakah selama ini Anda mengalami keluhan pada siklus haid Anda, seperti nyeri haid, siklus haid tidak teratur, dsb?"

Mengingat keterbatasan kami dalam mengumpulkan informasi dan melakukan pemeriksaan fisis pada Anda, saat ini kami masih belum dapat menentukan penyebab pasti dari keluhan nyeri yang Anda rasakan. Namun nyeri perut pada appendisitis umumnya disertai keluhan pencernaan dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisis. Begitu pula dengan gangguan siklus haid pada penyakit organ reproduksi perempuan. Saran kami sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter keluarga Anda terlebih dahulu untuk menentukan kemungkinan penyebabnya, agar kemudian dokter dapat melakukan rujukan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis bedah sesuai hasil pemeriksaan yang ditemukan.

Adapun keadaan Anda saat ini masih belum memenuhi definisi infertilitas, yaitu kondisi belum terjadinya kehamilan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi.  Yang dapat kami sarankan agar Anda dan suami cepat dikaruniai keturunan adalah:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Adapun bahan makan sumber asam folat adalah sayur-sayuran berdaun hijau, sereal, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dsb.

  • Lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

  • Beristirahat teratur, baik suami maupun istri, hindari kelelahan dan stress

Berikut adalah beberapa artikel kami terkait upaya merencanakan kehamilan:

Merencanakan Kehamilan

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Usia Anda saat ini masih muda dan usia pernikahan Anda pun masih dini. Kehamilan akan terjadi sekitar 60% pada 6 bulan pertama, 80% pada 1 tahun pertama, dan 92% pada tahun kedua. Bersabarlah dan terus berusaha menerapkan tips-tips di atas, dengan tidak melupakan doa yang senantiasa dipanjatkan kepada Yang Maha Kuasa. Semoga Anda dan suami cepat dikaruniai keturunan yang sehat dan lucu. Amin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar