Sukses

Normalkah siklus haid saya?

14 Sep 2009, 12:20 WIB
Wanita, 24 tahun.
Assalau'alaikum wr wb dok, saya sudah menikah selama 3,5 bulan dan tidak memakai alat kontrasepsi.hari terakhrir haid terakhir saya tgl 20 Agustus 2009, tanggal 11 September 2009 saya sempat mengeluarkan cairan agak banyak yang tidak kental dan meninggalkan warna kehijauan pada celana dalam saya. tanggal 12 September 2009 saya sempat mengeluarkan darah yang saya kira darah menstruasi, tapi hanya sedikit.dan malam harinya darah itu sudah tidak keluar lagi sampat sekarang. Dokter, darah apakah itu? Dokter, jarak antara hari terakhir menstruasi saya bulan lalu dengan hari pertama menstruasi saya adalah 38 hari, kadang 30-38 hari, normalkah siklus saya ini? Terimakasih atas jawabannya wassalamu'alaikum wrwb( perempuan, 24 thn,148 cm,40 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Siklus haid perempuan normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Stres psikologis
  • Sindroma polikistik ovarii, gangguan indung telur
  • Aktivitas berlebihan seperti atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • dsb

Adapun darah yang keluar dari kemaluan bisa memiliki banyak arti. Dapat mengindikasikan adanya gangguan siklus haid yang disebut metroragia (perdarahan di antara dua siklus haid), perdarahan akibat infeksi bakteri Trichomonas vaginalis dalam vagina Anda, atau perdarahan akibat implantasi hasil pembuahan di dinding rahim. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikannya. Begitu pula dengan keluhan keluarnya cairan vagina warna kehijauan. Apakah Anda memiliki keluhan keputihan sebelumnya? Apakah saat ini Anda mengalami rasa nyeri saat melakukan hubungan dengan suami Anda? dsb.

Mengingat keterbatasan kami dalam mengumpulkan informasi dan melakukan pemeriksaan fisis langsung, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda terkait perdarahan vagina dan gangguan siklus haid yang Anda alami selama ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat kondisi rahim Anda, dan pemeriksaan mikroskopis cairan vagina  Anda (bila diperlukan) sebelum menentukan tindakan selanjutnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar