Sukses

Merah dan gatal pada bahu

19 Oct 2014, 23:50 WIB
Pria, 28 tahun.
Kulit bahu sampai sekitar punggung saya merasa gatal sekali saat saya merasakan panas dan mulai berkeringat. Awalnya di sekitar bahu saja, saya pikir iritasi karena setiap kepanasan (sinar matahari siang) dan berkeringat akan memerah dan setelahnya gatal, kulit bahu bila diraba menjadi kering & kasar. Bisakah disembuhkan dengan obat2an lokal? dan mohon info obatnya. Regards, ( laki-laki, 28 thn,180 cm,68 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kemungkinan merah-merah dan gatal pada kulit yang timbul terutama saat berkeringat disebabkan oleh infeksi jamur. Jika Bapak memang mudah berkeringat, namun tidak mengeringkan atau mengganti pakaian setelah itu kulit akan lembab. Sedangkan, kulit yang lembab tersebut menjadi tempat ideal tumbuhnya jamur. Gambaran dari infeksi jamur adalah kemerahan pada kulit dengan bagian atasnya kering serta bersisik.

Sebaiknya Bapak berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, karena pada dasarnya diagnosis penyakit kulit harus dilihat secara langsung. Sementara itu, jagalah daerah bahu dan punggung tersebut dalam keadaan bersih dan kering. Jika pakaian berkeringat, sebaiknya pakaian tersebut diganti dan daerah yang merah dikeringkan.

Namun, handuk atau kain yang digunakan untuk membersihkan daerah tersebut jangan digunakan untuk melap bagian kulit sehat karena infeksi dapat menular pada daerah tersebut. Gunakan pakaian dengan bahan yang tipis. Baju Bapak sebaiknya juga direndam terlebih dahulu menggunakan karbol (untuk yang berwarna) selama 1 – 2 jam dan pemutih (untuk warna putih) selama 15 – 30 menit agar hifa yang menempel di baju mati.

Bapak juga dapat menggunakan obat anti jamur oles yang dijual bebas. Salep antijamur (ketokonazol, mikonazol) digunakan sekurang-kurangnya 2 minggu setelah lesi menyembuh.Namun, jika infeksinya luas, perlu diberikan obat minum yang membutuhkan resep dokter. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar