Sukses

Alergi kulit terhadap besi

20 Oct 2014, 09:41 WIB
Wanita, 15 tahun.
saya sudah sering konsultasi ke banyak dokter kulit.tapi alergi kulit saya belum sembuh juga, kata mereka saya alergi besi(termasuk minuman kaleng).bahkan sekarang di area jam tangan sangat parah, padahal saya tidak lagi memakai jam tngan).banyak bentol yang berisi cairan dan sangat gatal, selain itu menjijikkan seperti budukan. bagaimana ini dok??obat apa yang harus saya pakai lagi??sebelumnya sudah memakai salep dokter(ex:dexamethason). Saya sudah bingung mau berobat kemana(perempuan, 15 thn,160 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Adik/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Tentunya keluhan ini telah membuat Anda merasa tidak nyaman. Akan tetapi Anda memang harus melakukan upaya terbaik Anda untuk menghindari bahan-bahan yang telah diketahui sebagai penyebab/pencetus keluhan alergi Anda (alergen), dalam hal ini adalah besi.

Bahan besi sebenarnya bukanlah penyebab utama alergi Anda, melainkan zat yang terkandung di dalamnya yaitu nikel. Namun mengingat banyaknya peralatan besi yang mengandung nikel (terutama pada peralatan rumah tangga), maka Anda harus mulai menghindari kontak langsung dengan bahan-bahan tersebut, misalnya dengan melapisi peralatan besi dengan plastik, atau menggantinya dengan peralatan yang terbuat dari bahan stainless steel murni yang tidak dilapisi dengan nikel. Selain itu, pada beberapa orang keluhan masih dapat timbul tanpa kontak langsung akibat nikel yang dikonsumsi dari makanan, terutama makanan kaleng, coklat, dan makanan yang dikeringkan. Oleh sebab itu, Anda juga harus mulai memperhatikan makanan yang Anda konsumsi (yang rendah nikel), di antaranya adalah daging, ikan, susu dan turunannya, telur, sereal, roti, nasi, gandum, banyak buah dan sayuran, teh, kopi, dsb. Adapun jenis bahan makanan yang harus dihindari adalah makanan kaleng, kacang-kacangan, brokoli, cokelat, buah yang dikeringkan, dsb. Memang penerapannya tidak akan mudah, akan tetapi penghindaran alergen merupakan terapi terbaik yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengurangi keluhan akibat alergi.

Dan untuk meredakan keluhan akut yang ada, dapat dibantu dengan pemberian steroid topikal. Obat yang diberikan oleh dokter Anda merupakan salah satunya, namun tampaknya potensi steroidnya harus ditingkatkan menjadi potensi sedang hingga tinggi, atau dapat dikombinasikan dengan pemberian steroid sistemik. Selain itu, dapat juga diberikan kompres antiseptik untuk mengeringkan lepuhnya, pelembab untuk mengurangi gatal dan kulit kering, antibiotik apabila ditemukan infeksi sekunder, dan obat lain sesuai indikasi yang ditemukan. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis kulit dan kelamin Anda sebelumnya atau dokter spesialis kulit dan kelamin lain untuk opini kedua. Sebagai referensi, Anda dapat menggunakan fitur pencarian dokter kami yang terletak pada sisi kiri atas halaman depan situs klikdokter.com.

Anda juga dapat mengakses URL Link berikut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keluhan kulit yang Anda alami:

Dermatitis Kontak

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar