Sukses

Timbul keluhan setiap stres

11 Sep 2009, 15:39 WIB
Pria, 44 tahun.
Dokter saya mau tanya kenapa saya klo lagi stress...banyak pikiran, perut saya seperti kosong kaya orang belum makan, padahal saya sudah makan. Setelah itu efeknya ke tangan dan kaki gatal2 sedangkan badan dan muka tidak gatal, dan juga sulit tidur. Ini selalu kambuh saat kondisi saya lagi stress. Obat apa yg bisa menenangkan pikiran dan dpt tidur. Saya badminton 2 kali 1 mgg, saya tidak pernah begadang. Bagaimana solusinya dokter. Terima kasih. (laki-laki, 44 thn,175 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Sebelumnya kami mohon maaf atas keterlambatan penjawaban e-konsultasi Anda dikarenakan adanya masalah teknis.

Dengan mempertimbangkan informasi yang Anda berikan, tampaknya berbagai keluhan yang Anda alami memang berkaitan erat dengan faktor psikis, yaitu stres. Dalam keadaan stres, produksi gas dan asam lambung dapat meningkat menimbulkan keluhan maag seperti kembung dan nyeri pada ulu hati.  Begitu pula dengan keluhan gatal dan gangguan tidur pada Anda.

Sepertinya Anda sudah mulai menyadari penyebab dari timbulnya berbagai keluhan tersebut, yaitu faktor stres. Dan mengingat stres merupakan faktor pemicu utama, maka solusinya tidak lain adalah pengendalian diri dan manajemen stres yang baik. Untuk keluhan maagnya, dapat dipilih obat antagonis reseptor H2 (ranitidin) atau golongan penghambat pompa proton (omeprazole, lansoprasole, dsb) sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk mengatasi keluhan gatalnya, terdapat jenis obat alergi yang bersifat sedatif (membuat kantuk)  sehingga dapat sekaligus digunakan untuk mengatasi gangguan tidur Anda. Adapun obat tidur dosis rendah untuk jangka pendek dapat diberikan apabila gangguan tidur masih belum mengalami perbaikan. Bagaimanapun, hal ini perlu dipastikan kembali melalui wawancara medis lengkap dan pemeriksaan fisis oleh dokter yang kompeten. Lagipula, obat-obatan hanya dapat membantu mengatasi gejala yang timbul untuk sementara, namun tanpa manajemen stres yang baik keluhan akan terus muncul. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter keluarga Anda atau dokter spesialis penyakit dalam untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar