Sukses

Konsumsi bahan pengawet pada bumil?

11 Sep 2009, 14:36 WIB
Wanita, 30 tahun.
Siang dok, saya wanita menikah, sedang hamil muda. saya senang makan roti, tapi dalam komposisi roti tersebut terdapat kalsium propionat (pengawet), apakah itu baik atau tidak untuk wanita hamil? terima kasih atas jawabannya dok.(perempuan, 30 thn,150 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kalsium propionat merupakan salah satu bahan pengawet makanan yang berfungsi mencegah tumbuhnya jamur atau kapang. Bahan pengawet ini umumnya digunakan untuk berbagai produk roti dan tepung dalam dosis tertentu. Penggunaan melebihi batas maksimum dapat menyebabkan migren, kelelahan, dan kesulitan tidur.

Adapun konsumsi bahan pengawet sebisa mungkin dihindari oleh ibu hamil, terutama selama kehamilan trimester pertama, di mana sedang terjadi proses pembentukan dan perkembangan organ-organ janin. Segala bentuk intervensi dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin yang masih rentan. Untuk itu sangatlah dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi bahan makanan kaya serat dan nutrisi serta menghindari segala bahan makanan yang dapat membahayakan janin dalam kandungan, termasuk makanan yang mengandung bahan pengawet.

Anda dapat memanfaatkan Rubrik Kehamilan dan Kandungan kami atau menggunakan fitur Kalender Kehamilan kami yang terletak pada bagian kanan halaman depan situs klikdokter.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin beserta tips-tips yang perlu diketahui ibu hamil sejak kehamilan minggu pertama hingga minggu ke-40.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar