Sukses

Perut nyeri saat hamil 6 bulan

11 Sep 2009, 10:56 WIB
Wanita, 25 tahun.
Nama saya Ajeng, usia 25 th. Sekarang saya sedang hamil 6 bulan saat ini saya mengalami perut bawah saya sakit sudah 3 hari tidak hilang,setiap kali berjalan pun sakit di tambah pada saat saya buang air besar pun berdarah, saya sudah periksa ke bidan kata bidan kondisi bayi saya baik2 saja tapi bidan tidak menjelaskan kondisi saya. Yang saya ingin tayakan apakah ini berbahaya khususnya buat saya karena menurut bidan kondisi bayi saya baik2 saja dan penyebabnya itu apa, apakah ini masih dalam hal yg wajar atau tidak?? Mohon jawabannya...Terimakasih ( perempuan, 25 thn,50 cm,71 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sebelumnya perlu dikonfirmasi terlebih dahulu mengenai kalimat "perdarahan saat buang air besar" yang Anda maksud? Darimanakah darah tersebut berasal: dari lubang kemaluan ataukah dari dubur? Lantas bagaimanakah gambaran buang air besar Anda beberapa hari terakhir: apakah encer/keras? Dan adakah gejala lain yang menyertai (seperti demam, muntah, dsb)?

Apabila perdarahan keluar dari dubur bersama tinja, perlu dijelaskan secara lebih spesifik mengenai warna darahnya, apakah bercampur dengan tinja, atau hanya menempel di permukaannya, dsb.

Nyeri perut bawah sendiri merupakan salah satu keluhan yang seringkali ditemui pada ibu hamil. Sebenarnya tidak semua nyeri timbul akibat suatu kelainan yang serius, terutama apabila hanya dirasakan sesekali. Pengaruh gas dalam perut, penekanan organ oleh rahim yang membesar, peregangan dan penebalan ligamentum penahan rahim, perubahan posisi tiba-tiba, dan konstipasi juga dapat menyebabkan keluhan yang serupa. Bagaimanapun, hal ini perlu dikonfirmasi kembali melalui pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikannya. Apabila terasa sangat mengganggu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk menilai kondisi rahim, janin dalam kandungan, beserta jaringan sekitarnya. Adapun pemeriksaan USG sebaiknya dilakukan minimal sebanyak empat kali (satu kali saat trimester pertama, satu kali saat trimester kedua, dan dua kali saat trimester ketiga kehamilan).

Apabila dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya kondisi medis lain sebagai penyebab dari keluhan perdarahan Anda, dokter mungkin akan merujuk Anda ke dokter ahli lainnya misal dokter bedah atau dokter spesialis penyakit dalam sesuai temuan dari hasil pemeriksaan fisis Anda, agar tatalaksananya dapat disesuaikan dengan baik.

Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kecukupan nutrisi Anda dan janin dalam kandungan Anda, disertai istirahat cukup dan olahraga secara teratur. Anda dapat memanfaatkan Rubrik Kehamilan dan Kandungan kami atau menggunakan fitur Kalender Kehamilan kami yang terletak pada bagian kanan halaman depan situs klikdokter.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin beserta tips-tips yang perlu diketahui ibu hamil sejak kehamilan minggu pertama hingga minggu ke-40.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar