Sukses

Makanan lumat = makanan lembik?

20 Oct 2014, 06:18 WIB
Wanita, 26 tahun.
Yth. Bpk/Ibu Dokter Saya ingin bertanya mengenai makanan bayi (1) Apa beda antara makanan lembik dan makanan lumat pada bayi? (2) Untuk bayi berusia 6 bulan pola makan seperti apa yang benar ? (3) Apa boleh bayi usia tsb diberi jus buah yg diberi gula pasir? Demikian terima kasih atas jawabannya.(perempuan, 26 thn,150 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Makanan pendamping ASI (MPASI) sebaiknya mulai diperkenalkan saat anak berusia 7 bulan setelah melawati masa ASI eksklusif. Proses pengenalannya perlu dilakukan secara bertahap, mulai dari yang paling halus hingga jenis makanan padat seperti nasi atau biskuit. Makanan lumat adalah jenis makanan yang konsistensinya paling halus seperti bubur susu dan nasi tim/bubur saring, sedangkan makanan lembik merupakan makanan peralihan antara makanan lumat ke makanan biasa yang konsistensinya lebih padat daripada makanan lumat. Jenis MPASI yang disarankan saat pertama kali pemberian umumnya adalah bubur susu dan buah. Apabila anak sudah beradaptasi maka mulailah memperkenalkan nasi tim saring yang dilanjutkan nasi tim yang dihaluskan. Adapun jadwal pemberian makan anak di bawah usia 1 tahun (bayi) umumnya tergolong sering, yaitu setiap 3 jam. Sebagai contoh menunya adalah sebagai berikut:

  1. Air susu ibu (ASI) diberikan sebanyak 4 hingga 5 kali
  2. Pukul 9-10 pagi berikan bubur susu/jus buah
  3. Siang hari berikan nasi lembek (contoh: nasi tim saring), dan
  4. Sore hari berikan jus buah atau bubur susu atau makanan lumat lainnya.

Sesuai namanya, makanan pendamping ASI diberikan untuk "mendampingi" ASI agar nutrisi yang didapatkan anak menjadi lebih lengkap. Buatlah suasana makan yang menyenangkan bagi anak dengan makanan yang cukup bervariasi sehingga anak tidak bosan. Tidak masalah apabila Anda ingin menambahkan sedikit gula di dalam jus yang Anda buat agar tidak terlalu asam. Yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana membuat suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah apabila anak Anda tidak langsung menyukai makanan yang kita tawarkan. Cobalah mengulanginya dengan suasana yang berbeda.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai makanan dan hal lain mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak, dapat Anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

Rubrik Tumbuh Kembang Anak

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar