Sukses

Gigi maju ingin dirawat dengan kawat

18 Oct 2014, 21:42 WIB
Pria, 31 tahun.
saya mempunyai problem gigi yang agak maju/tongos..saya konsul ke dokter gigi biasa dan dia mengatakan bahwa gigi saya harus di pasang kawat yang ada benggelnya dan setelah itu harus di inplan 2 gigi atas dan bawah...jujur aja saya kurang yakin plus takut aplagi dokter tsbt mengatakan minim perawatan 2 thun...jujur aja saya ragu dan mengurungkan niat saya....apakah dokter gigi biasa diperbolehkan u menangani problem saya...klo ada yang lebih berhak sebenarnya u problem saya ini saya harus ke specialis apa?klo cuman ke dokter gigi biasa cukup dan berhak u menangani problem saya..ya mungkin saya akan mulai melanjutkan u perawatan ke dokter gigi biasa aja(mengingat faktor irit biaya). dan klo memang harus ke dokter spescialis(specialis apa?)otomatis saya harus pikir pikir khususnya masalah biaya...thanks mohon balasannya( laki-laki, 31 thn,167 cm,85 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk.Sdr yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Di Indonesia, peraturan yang mengatur batasan bagi dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis di Indonesia dalam melakukan suatu tindakan perawatan masih belum begitu jelas. Seorang dokter gigi spesialis memiliki kelebihan karena mendalami penanganan suatu kasus yang rumit melalui suatu pendidikan khusus di institusi pendidikan, namun dokter gigi umum pun dapat memperkaya khasanah pengetahuan dan keahliannya dengan mengikuti kursus-kursus atau metode pembelajaran lainnya. Misalnya dalam kasus Anda yang membutuhkan perawatan orthodontik dengan kawat cekat, bila kasus Anda tergolong berat maka dapat Saya sarankan Anda dirawat oleh dokter gigi spesialis orthodontis. Bila tingkat kesulitan kasus tidak begitu rumit, dokter gigi umum pun dapat merawat Anda selama beliau dapat mempertanggungjawabkan perawatannya.

Mengenai lamanya waktu yang dibutuhkan dalam suatu perawatan orthodontik, sangat bergantung pada berat/ringannya kasus dan juga  kerja sama pasien dan kepatuhannya  berkunjung ke dokter gigi untuk aktivasi dan kontrol sesuai dengan jadwal. Oleh karena itu durasi perawatan sangat bervariasi, pada umumnya memakan waktu 1 hingga 2 tahun.

Bila Anda merasa kurang yakin, Anda berhak untuk berkonsultasi dengan dokter gigi lain untuk mendapatkan second opinion. Terutama untuk pemasangan implant seperti yang Anda katakan, apakah memang hal tersebut memang perlu dilakukan ataukah ada alternatif lain. Sayangnya Anda tidak begitu menjelaskan kondisi gigi Anda sehingga dokter tersebut menyarankan untuk pemasangan implant.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar