Sukses

Bercak coklat, hamil?

09 Sep 2009, 12:14 WIB
Wanita, 33 tahun.
Siang Doc, Saya kan moslem, jadi bulan ini saya sedang puasa. Mens saya bulan kemaren di mulai pada tanggal 17 Agustus 2009. Nah senin kemaren saya melihat spot coklat. Lalu semalam saya beli test pack dan coba lakukan urin test dirumah. Hasilnya saya melihat 2 garis, garis kontrol yang jelas, dan garis positif yang tebal tapi warnanya kabur.Tapi area testnya juga nggak terlalu putih tapi ada bercak bercaknya. Nah tadi pagi saya coba test lagi, tapi hanya ada garis kontrol saja, tidak ada garis positif dan area test juga putih bersih. Pertanyaan saya, apakah saya hamil doc? Apakah bercak coklat yang saya temukan itu adalah bercak hasil implantasi? Apakah saya terlalu cepat melakukan test? Apakah puasa menyebabkan HCG saya lebih solid sehingga hasilnya positif? Apakah saya perlu cek kedokter ataukah tunggu sampai waktu menstruasi saya bulan ini? Tolong bantu ya Doc. terima kasih. ( perempuan, 33 thn,158 cm,66 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saat ini sulit menentukan apakah Anda hamil atau tidak karena berdasarkan HPHT Anda, saat ini masih berada di dalam siklus menstruasi normal. Seandainya Anda hamil, mungkin saja bercak tersebut merupakan bercak implantasi yang memang terjadi sekitar 1 minggu setelah masa subur.

Puasa tidak menyebabkan perubahan di dalam hormon B-hCG Anda. Kami sarankan agar Anda kembali melakukan test pack apabila terdapat keterlambatan menstruasi yang ditunjang dengan tanda-tanda kehamilan yang dapat Anda baca melalui artikel kami di fitur Kalender Kehamilan yang terdapat di halaman depan website.

Apabila Anda memang terlambat menstruasi dan test Anda positif, maka selamat, Anda sedang hamil. Kontrol ke dokter dalam usia kehamilan yang sangat dini mungkin diperlukan atau mungkin tidak. Apabila Anda ingin melakukan USG maka dipastikan janin Anda belum terlihat. Janin baru terlihat pada usia kehamilan 9-12 minggu.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi KLikdokter.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

    0 Komentar

    Belum ada komentar