Sukses

Abortus berulang

09 Sep 2009, 14:57 WIB
Wanita, 35 tahun.
dear team dokter.. tgl 8 september 2009 saya menjalani kuretase yang ke-2 (ini adalah kehamilan saya yang ke-4. 2 kali BO 11 mgg, 1 kali spontan 6 mgg dan yg terakhir kematian mudigah 9mgg 4hr). kali ini saya didiagnosa kematian mudigah, ari-ari sdh lepas dan terjadi karena pada saat gempa beberapa hari yg lalu saya sempat turun tangga dari lantai 5. sebagai informasi, pada keguguran2 yg sebelumnyatdk dpt diketahui secara pasti penyebabnya karena dari hasil pemeriksaan darah utk virus semuanya negatif begitu pula dgn Aca semuanya normal. Yang ingin saya tanyakan.., kenapa semua ini terjadi pada saya (hingga 4 kali) dan perlu waktu berapa lamakah untuk saya supaya bisa hamil lagi mengingat saya dan suami sangat menginginkan hadirnya momongan? dan usia saya yg tdk lagi muda... trima kasih atas jawabannya...( perempuan, 35 thn,155 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Anda mengalami keguguran yang berulang atau abortus habitualis. Penyebab paling sering adalah faktor kromosom (pembawa sifat) dari hasil konsepsi (embrio), faktor kelainan anatomi rahim, faktor sindroma anti fosfolipid dan faktor imunologik.

Perlu evaluasi lebih mendalam mengenai masalah-masalah ini sebelum Anda mencoba hamil lagi serta perlu dilakukannya  koreksi lebih dulu jika memang ada kelainan.

Sebaiknya Anda mengadakan kunjungan konsultasi langsung ke dokter kebidanan yang khusus menangani masalah fertilitas dan endokrinologi reproduksi untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar