Sukses

Mual dan Muntah saat hamil

09 Sep 2009, 11:57 WIB
Wanita, 24 tahun.
dokter yang terhormat. saya saat ini sedang mengandung anak ke-3 dengan usia kehamilan 14 minggu. akhir2 ini saya sering mengalami kontraksi dan saat buang air kecil sangat sakit di perut bagian bawah, kata dokter kandungan saya, saya mengalami infeksi dan di beri antibiotik amoxylin. dan melakukan periksa urin dan darah lengkap. dan juga saya merasakan mual justru pada trismester ke 2, sedangkan pada trismester pertama nafsu makan saya sangat bagus dan tidak mual2, apakan itu wajar? karena kehamilan yang pertama dan ke-2 saya tidak mengalami seperti kehamilan saat ini. trimakasih atas jawabannya.( perempuan, 24 thn,164 cm,44 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Mual dan muntah pada ibu hamil memang umumnya wajar dirasakan pada trimester pertama. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormonal pada tubuh ibu yang memicu reaksi mual. Namun tidak tertutup kemungkinan mual baru dirasakan pada trimester kedua, karena sekali lagi kami tekankan bahwa hormonal sangat berpengaruh pada keluhan yang terjadi dimana berbeda-beda antar individu.

Jadi, keluhan mual yang Anda rasakan sekarang masih termasuk wajar, asalkan Anda masih bisa makan dan tidak muntah terus menerus (hiperemesis gravidarum).

Berhati-hatilah terhadap infeksi saluran kemih Anda karena apabila tidak diobati dengan tuntas dapat mengakibatkan gangguan pada kehamilan. Infeksi saluran kemih memang banyak dialami oleh ibu hamil. Minumlah obat secara teratur dan sesuai aturan pakai, banyak minum air putih, dan jagalah kebersihan kemaluan Anda.

Anda akan mendapatkan informasi mengenai kehamilan dari minggu 1-40 beserta tipsnya melalui fitur Kalender kehamilan yang terdapat di halaman depan website kami.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar