Sukses

Gusi nyeri setelah operasi gigi

19 Oct 2014, 04:25 WIB
Wanita, 21 tahun.
Sakit pada gigi Dok, 2 bulan yg lalu saya menjalani odontektomi. saat ini gusi yg kmrn dioperasi sering terasa nyeri dan rahang agak sakit saat membuka mulut. yg mau saya tanyakan, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? terima kasih banyak dok.( perempuan, 21 thn,155 cm,38 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Proses penyembuhan paska odontektomi memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Pengalaman Saya pribadi pun kurang lebih sama, setelah lewat dari 3 bulan baru bisa mulai agak nyaman. Kebanyakan pasien ada yang membutuhkan waktu hingga 6 bulan baru jaringan gusi mengalami penyembuhan sempurna.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, bila pada saat odontektomi tulang yang diambil cukup banyak maka waktu penyembuhan umumnya lebih panjang. Mungkin juga terjadi pengambilan tulang agak kurang rapi sehingga meninggalkan permukaan tulang yang tidak rata dan terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pasien karena adanya rasa sakit pada daerah tersebut saat berkontak dengan makanan.

Apakah ada rasa kebas/baal yang menetap sampai sekarang sejak operasi gigi tersebut? Pada saat anestesi ada kemungkinan jarum suntik mengenai syaraf tertentu sehingga mengakibatkan trauma, terutama pada operasi molar (geraham) bawah yang dibius dengan teknik mandibular blok. Trauma tersebut dapat mengakibatkan rahang sulit dibuka namun biasanya pasien merasakan kebas. Bila memang demikian yang terjadi, penyembuhan dapat dibantu dengan konsumsi vitamin neurotropik (vitamin untuk syaraf) yang dapat dibeli secara bebas di apotik.

Saya sarankan Anda kembali untuk kontrol ke dokter gigi yang mengoperasi Anda, atau dapat juga ke dokter gigi lain untuk mendapatkan second opinion, karena sulit untuk menentukan diagnosa dan perawatan keluhan Anda tanpa pemeriksaan secara langsung.

Anda dapat membaca informasinya secara lengkap di link www.klikdokter.com/column/detail/29

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar