Sukses

Perdarahan vagina yang tidak berhenti

07 Sep 2009, 17:58 WIB
Wanita, 28 tahun.
Begini dokter. efek samping dari penggunaan cytotex dan gynecosed apa saja? beberapa waktu lalu saya konsumsi, karena telat mens 2 minggu. tapi setelah meminumnya pendarahan saya tidaj berhenti setelah 12 hari? kira-kira kenapa dan seperti apa mengatasinya. terimakasih. (perempuan, 28 thn,165 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Baik gynaecosid® maupun cytotec® termasuk ke dalam golongan obat hormonal. Gynaecosid mengandung hormon estrogen yang umumnya digunakan untuk mengatur daur menstruasi yang tidak teratur. Sedangkan cytotec® mengandung hormon analog prostaglandin (misoprostol) yang terlibat dalam perlindungan mukosa lambung terhadap asam. Karena mekanisme kerjanya yang serupa, cytotec® seringkali digunakan sebagai terapi ulkus (luka) pada lambung. Sayangnya mekanisme kerja misoprostol juga dapat menyerupai efek induksi persalinan oleh hormon prostaglandin E1 sehingga dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Beberapa di antara efek samping misoprostol adalah:

  • efek samping yang sering ditemukan: nyeri perut ringan, diare
  • efek samping yang jarang ditemukan: perdarahan vagina, konstipasi, kram perut, kembung, sakit kepala, nyeri ulu hati, indigesti, mual, muntah, ruam kulit
  • Gejala overdosis: nyeri perut hebat, kejang, diare, penurunan kesadaran, peningkatan/penurunan denyut jantung, penurunan tekanan darah, tremor, kesulitan bernapas, dsb

Penggunaan misoprostol yang dikombinasikan dengan hormon estrogen dapat menyebabkan perdarahan vagina dalam jumlah banyak dan lama sehingga diperlukan tatalaksana yang cepat dan optimal untuk menghindari komplikasi yang mungkin timbul. Untuk itu sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang optimal. Dokter akan memberikan Anda obat untuk menghentikan perdarahannya, dan terapi lainnya sesuai hasil pemeriksaan yang ditemukan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar