Sukses

Mual saat hamil & puasa

17 Oct 2014, 03:25 WIB
Wanita, 26 tahun.
siang dok.... saya sekarang telah hamil kurang lebih 6 minggu dok....saya sering mual....dan terkadang mutah juga....yg mau saya tanyakan bolehkah saya berpuasa dok dengan keadaan seperti ini...( perempuan, 26 thn,153 cm,41 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Selama kehamilan terjadi beberapa perubahan baik perubahan fisik maupun psikis. Keluhan yang paling sering ditemukan adalah keluhan mual/muntah selama kehamilan atau yang biasa disebut morning sickness, timbul akibat perubahan hormonal ibu hamil yang pada akhirnya dapat meningkatkan produksi asam lambung dan penurunan kecepatan pengosongan lambung. Keluhan ini umumnya ditemukan pada trimester awal kehamilan, seperti yang Ibu alami saat ini.

Cara mengatasi keluhan ini adalah dengan menerapkan prinsip makan dalam jumlah sedikit-sedikit dengan frekuensi lebih sering. Yang menjadi masalah adalah saat ini, Ibu sedang berpuasa. Jika mual dan terutama muntah yang dirasakan cukup menganggu, sebaiknya untuk beberapa lama Ibu tidak berpuasa dulu. Karena cairan yang keluar akibat muntah harus diganti untuk menghindari kekurangan cairan. Yang perlu Ibu perhatikan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi pada malam hari (saat tidak berpuasa). Untuk lebih jelasnya, Ibu dapat membaca artikel singkat kami mengenai tips berpuasa pada ibu hamil, melalui tautan ini: Tips Hari 3 Sehat di Bulan Ramadhan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar