Sukses

Gusi berdarah

07 Sep 2009, 10:40 WIB
Wanita, 20 tahun.
Assalam.. dokter yg terhormat, saya ingin bertanya tentang gusi berdarah. penyebab spesifiknya apa? kemudian bagaimana cara mengatasi rasa ngilu dan darah yang keluar dari sela-sela gusi. apa gusi/gigi yang bermasalah bisa mempengaruhi kepala, migrain misalnya? terimakasih banyak.. Wassalam..( perempuan, 20 thn,150 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Gusi berdarah adalah salah satu tanda adanya peradangan pada gusi. Penyebab yang spesifik sulit ditentukan karena kemungkinannya cukup banyak, namun peradangan gusi yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis paling sering disebabkan oleh kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Penumpukan plak di permukaan gigi terutama di sekitar leher gigi dan penumpukan kalkulus yaitu karang gigi, kedua hal tersebut menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang menyebabkan terjadinya gingivitis.

Selain itu masih banyak kemungkinan penyebab lainnya, dan sudah sangat sering dibahas di Rubrik Gigi dan Mulut Klikdokter, baik di fitur konsultasi maupun artikel yang sudah dimuat. Anda dapat membaca selengkapnya dengan mengakses https://www.klikdokter.com/illness/detail/182 dan tips kesehatan dengan mengklik https://www.klikdokter.com/article/detail/994,

atau dengan menggunakan fitur "Pencarian" di sebelah kanan atas halaman depan website Kami, cukup masukkan kata kunci gingivitis. Silakan baca juga pertanyaan dari penanya terdahulu yang serupa dengan keluhan Anda, agar Anda semakin mendapat banyak informasi mengenai gingivitis tersebut.

Bila gingivitis terjadi akibat oral hygiene buruk di sekitar leher gigi, kemungkinannya kecil untuk menimbulkan keluhan seperti yang Anda sebutkan yaitu migrain. Namun bila peradangan gusi terjadi di atas permukaan mahkota gigi molar (geraham) ketiga yang terletak paling ujung dan baru akan tumbuh, maka umumnya pasien akan merasa sakit yang jauh lebih hebat terkadang hingga sulit membuka mulut atau sakit kepala.

Untuk memastikan penyebab dan penatalaksanaannya tetap harus membutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh sebab itu ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi di dekat tempat tinggal Anda.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan,semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar