Sukses

Patah gigi depan atas

19 Oct 2014, 17:44 WIB
Pria, 45 tahun.
Patah gigi dibagian depan, atas. Solusi effisien nya apa?( laki-laki, 45 thn,180 cm,76 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk yang terhormat,

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sayangnya Anda tidak menjelaskan dengan lebih rinci apa yang menjadi penyebab gigi tersebut patah, sudah berapa lama kejadian tersebut, dan bagaimana kondisi gigi yang patah tersebut. Meski demikian Saya akan mencoba menjelaskan secara singkat alternatif apa saja yang dapat menjadi solusi dari pertanyaan Anda.

 

Ada beberapa kemungkinan patahnya gigi Anda, yang paling ringan adalah patah tersebut terjadi pada 1/3 bagian bawah mahkota gigi, seperti yang terlihat pada gambar bawah ini.

 

 

Kondisi ini dapat diperbaiki dengan menggunakan bahan tambal sewarna gigi yang disebut resin komposit, yang sering disebut sebagai tambalan sinar. Resin komposit memiliki pilihan warna sehingga secara estetik hasilnya sangat memuaskan karena dapat disesuaikan dengan warna gigi pasien.

 

Bila gigi yang patah lebih banyak, mencapai ½ mahkota seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, ada kemungkinan pulpa gigi yang berisi jaringan syaraf pembuluh darah telah terekspos, sehingga beresiko untuk mengalami kematian gigi.

 

 

Bila demikian, diperlukan pemeriksaan untuk memastikan apakah gigi masih vital atau tidak, bila masih vital maka dapat dipertimbangkan untuk menggunakan bahan tambal resin komposit atau bila ketahanan jangka panjang diragukan maka alternatifnya adalah pembuatan mahkota gigi tiruan, yang dapat terbuat dari porcelain, kombinasi metal-porcelain, resin composite crown, atau restorasi lain sesuai dengan indikasi. Namun bila gigi sudah nonvital maka perawatan syaraf (perawatan saluran akar/endodontic treatment) harus dilakukan terlebih dulu, baru setelah itu dibuatkan restorasi mahkota tiruan atau mahkota pasak seperti diatas. Sama halnya bila patahnya gigi terjadi di 1/3 atas mahkota yaitu mendekati leher gigi.

 

 Semua yang Saya kemukakan hanya berdasarkan dugaan karena Saya tidak melihat secara langsung kondisi gigi Anda dan berapa banyak jaringan yang tersisa. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi di sekitar tempat tinggal Anda.

 

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

 

Drg. Martha Mozartha

 

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar