Sukses

Vaksin Meningitis & Ibu Hamil

20 Oct 2014, 08:04 WIB
Wanita, 32 tahun.
1. Saya seorang ibu 32 th, sedang hamil 10 minggu dan sebentar lagi akan di vaksin meningitis serogrup A, B ,C, Y, dan W-135 dari depkes karena akan pergi haji. Apakah vaksin tersebut aman buat kehamilan dan janin kami ?( perempuan, 32 thn,156 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pemberian imunisasi pada wanita hamil memerlukan pertimbangan antara risiko dan keuntungan pemberian vaksin. Dalam hal ini, keuntunga pemberian vaksin adalah kekebalan terhadap infeksi meningokokus yang prevalen di negara tempat tujuan Ibu, yaitu Arab Saudi. 

Vaksin meningitis ini dapat diberikan pada ibu hamil yang akan bepergian ke daerah atau negara dimana infeksi ini menjadi epidemik. Penelitian yang dilakukan terhadap penggunaan vaksin ini tidak menunjukkan adanya efek samping pada ibu hamil. Karena itu, vaksin ini tetap dapat diberikan pada ibu hamil yang akan berangkat menunaikan ibadah haji.

Walaupun demikian, Ibu tetap perlu memberitahukan atau menginformasikan kepada dokter haji mengenai kondisi kehamilan ibu. Dokter tersebut akan menjelaskan pertimbangan risiko - keuntungan pemberian vaksin.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar