Sukses

Gigi banyak yang rusak

08 Sep 2009, 12:42 WIB
Wanita, 31 tahun.
Sakit pada gigi Geraham banyak yg berlobang siang dokter.. saya mau tanya...karena perawatan gigi waktu kecil sangat kurang(maklum hidup didesa. ortu jg ga ngerti perawatan nya), rata rata geraham saya berlobang, ada yang akhirnya copot sendiri (pecah n copot sedikit2), ada yg berlobang lumayan gede & didalam lobang itu muncul daging sehingga kalo saya ngunyah makanan kena ke daging tersebut jadi ngilu dok...trus pada geraham yg sudah pada copot2 tadi sering tumbuh gusi disampingnya tapi ga nyeri siihh,geraham belakang tumbuhnya tidak sempurna/miring n rata2 juga udah pada copot2 juga, tapi gigi depan baik2 aja saya takut ke doktr gigi karena biaya mahal kira2 bahaya ga sih gigi saya ini doktr?saya pernah denger dari temen itu bisa menyebabkan jantungan n kanker benar ga sih doktr? terima kasih atas jawaban dokter( perempuan, 31 thn,165 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Belum terlambat untuk memperbaiki gigi Anda, yang terpenting adalah bagaimana menjaga gigi-gigi yang masih dalam kondisi baik agar tidak bernasib sama dengan gigi lain yang sudah rusak. Oleh karena itu carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang kesehatan gigi dan mulut, bagaimana menjaga oral hygiene mulai dari yang paling sederhana yaitu cara sikat gigi yang benar lalu menerapkannya dengan disiplin. Informasi tersebut sudah dimuat di Rubrik Gigi dan Mulut Klikdokter.com, silakan Anda baca selengkapnya.

Kesehatan gigi yang buruk seperti pada kasus Anda mungkin tidak seperti penyakit sistemik yang bahayanya dapat mengancam nyawa namun dalam waktu dan kondisi tertentu memang dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius.  Gigi berlubang yang dibiarkan tidak dirawat dapat menyebabkan infeksi berlanjut ke ujung akar hingga ke jaringan pendukung gigi yaitu periodontal termasuk gusi dan tulang. Gigi yang rusak juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat mengunyah. Lama kelamaan dapat juga mempengaruhi sendi rahang, karena sendi harus beradaptasi untuk mendapatkan gigitan yang nyaman. Bakteri penyebab karies gigi memang dapat terbawa ke aliran darah pada kondisi tertentu, hingga dilaporkan kasus pasien menderita penyakit jantung yang awalnya karena sakit gigi.

Biaya pengobatan untuk rehabilitasi total memang tidak sedikit. Anda dapat mencoba berobat ke rumah sakit pendidikan di fakultas kedokteran gigi di kota tempat Anda berdomisili. Umumnya biaya perawatan lebih murah. Mengingat banyaknya kondisi gigi Anda yang perlu dirawat dan diperbaiki, sebaiknya pengobatan tidak ditunda-tunda lagi. Anda juga dapat menggunakan fitur "Cari Dr/RS" yang tersedia di website Kami, di mana pada fitur tersebut terdapat alamat dan nomor telpon RS dan bila Anda khawatir akan biaya yang mahal, Anda dapat mencari informasi terlebih dulu melalui telpon ke RS yang bersangkutan.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar