Sukses

Efek Samping KB Suntik

04 Sep 2009, 11:57 WIB
Wanita, 27 tahun.
pagi dokter...saat ini saya menggunakan kb suntik yg 3 bulan sekali...setelah habis masa nifas tepatnya bulan april 2009 saya suntik pertama...setelah suntik, bulan mei - juli saya haid dgn waktu yg normal seminggu kelar...kemudian bulan juli saya suntik lagi...bulan agustus saya haid tapi dgn waktu yg cukup lama yaitu 3 mgg...2 mgg pertama hanya flek saja kemudian 1 mgg terakhir baru "banjir"....baru kelar 3 hari udh ada flek2 lagi...yg saya dengar dr banyak org yg menggunakan kb suntik 3 bln sekali rata2 mereka tidak mendapatkan haid tapi kenapa saya malah haid...apa kb suntik yg 3 bln sekali itu tidak cocok dgn saya ato ada faktor lain ya dok???..terima kasih...( perempuan, 27 thn,168 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sesuai jenis hormon yang terkandung di dalamnya, KB suntik dapat dibedakan menjadi KB suntik kombinasi (hormon estrogen-progesteron), dan KB suntik non-kombinasi (hormon progesteron saja).

Pada prinsipnya, metoda kontrasepsi hormonal mencegah kehamilan dengan menghentikan pelepasan sel telur dari kandung telur (ovulasi) dan menyegah masuknya sel sperma ke dalam rahim. Mekanisme ini terjadi dengan cara mengganggu keseimbangan hormonal sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi Ibu. Efek samping yang dapat terjadi antara lain adalah bercak perdarahan, menstruasi lebih banyak dan lebih sering terutama pada beberapa bulan pertama atau bahkan sama sekali tidak mendapatkan menstruasi, perubahan mood, sakit kepala, penambahan berat badan, kelelahan, dsb.

Dengan demikian, keluhan menstruasi yang dialami oleh Ibu saat ini merupakan salah satu efek samping dari KB suntik yang digunakan, dan hal ini normal ditemukan terutama dalam beberapa bulan awal penggunaan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar