Sukses

Cegah hamil tanpa kontrasepsi?

16 Oct 2014, 15:35 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok, Saat ini saya sedang hamil, mau tanya usia kandungan saya sekarang, dimana haid hari pertama saya tanggal 03 januari 2009 dan berakhir 08 januari 2009. Saya akan melahirkan sekitar akhir bulan september 2009, saya berniat untuk merencakan kehamilan kembali sekitar 4 tahun berikut tetapi saya tidak ingin menggunakan alat2 kontrasepsi. cara apakah yang bisa kami lakukan agar dapat merencakan kehamilan tanpa harus menggunakan, spiral, pil, suntik, dll. atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.Wassalam( perempuan, 24 thn,159 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Untuk mencegah terjadinya kehamilan sebetulnya dapat diterapkan sistem kalender. Dalam sistem ini, diatur jadwal berhubungan intim, yaitu tidak dilakukan pada beberapa hari sebelum dan setelah terjadinya ovulasi (dikeluarkannya sel telur dari indung telur).

Karena itu, Ibu perlu mengetahui rata-rata lama siklus menstruasi Ibu, untuk memperkirakan masa ovulasi. Ovulasi terjadi kira-kira 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Perlu diperhatikan juga agar suami menggunakan kondom saat berhubungan intim.

Namun, perlu diingat bahwa cara-cara ini memiliki tingkat kegagalan yang tinggi. Sebelumnya, ada baiknya jika Ibu membaca lebih lanjut mengenai pilihan kontrasepsi yang ada pada artikel kami berikut: https://www.klikdokter.com/illness/detail/120. Dari cara-cara tersebut, penggunaan spiral merupakan metode yang cukup nyaman, karena dapat dipasang setelah Ibu melahirkan anak pertama, dapat dilepas kapan saja, memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, serta kesuburan dapat kembali secara langsung setelah dilepas.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar