Sukses

Herpes zoster

20 Oct 2014, 09:26 WIB
Wanita, 26 tahun.
Saya mengalami gatal2 dikulit bagian dada, ternyata setelah saya cek ke dokter kata dokter itu saya menderita herpes zooster, saya dianjurkan minum obat 5 kali sehari, tp kendalanya saya sedang puasa jadi saya tdk mau dan hanya diberi vitamin dan obat salep saja , sdh 3 hr penyakit saya tdk ada perubahan , apa obat yang paling baik untuk penyakit saya? terimakasih( perempuan, 26 thn,155 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Obat antivirus yang diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Apabila Anda tidak meminum antivirus, maka kesembuhan yang akan terjadi mengandalkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hanya mengandalkan daya tahan tubuh, maka kesembuhan terjadi dalam hitungan hari sampai minggu. Selain itu, kondisi yang berpuasa memungkinkan asupan makanan Anda berkurang sehingga mungkin menurunkan daya tahan tubuh Anda yang berujung pada waktu pemulihan yang tidak sebentar.

Obat yang terbaik adalah istirahat, makan dengan nutrisi yang cukup, minum obat antivirus, dan obat simptomatik lainnya. Puasa tidak diwajubkan bagi mereka yang menderita sakit. Kemudahan itu sudah diberikan. Semua akan tergantung pilihan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar