Sukses

Batuk sebabkan dada terasa nyeri

20 Oct 2014, 08:27 WIB
Wanita, 26 tahun.
Salam, Sudah satu bulan lebih saya batuk, tidak terlalu berdahak, namun terasa gatal sekali dibagian tenggorokan. Sudah satu minggu ke belakang saya mulai merasakan nyeri dada di bawah payudara bagian kanan ketika batuk, bersin, dan saat mengambil nafas panjang. Saya sudah periksa Rontgen dan hasilnya "Sinus, diafragma dan cor normal, pulmo tidak tampak infiltrat pada parenkhim, kesan : cor dan pulmo dalam batas normal". Yang ingin saya tanya, jika melihat hasil rontgen masih normal, apa yang menyebabkan dada saya sakit ketika batuk? Tolong beri penjelasannya, karena sampai sekarang saya merasakan sakit yang sangat jika batuk dan bernafas. Terima kasih..( perempuan, 26 thn,151 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri dada ketika batuk dapat dirasakan akibat peningkatan tekanan intraabdominal ketika Anda batuk. Ketika batuk, terjadi peningkatan tekanan di dalam rongga perut dan dada (untuk mengeluarkan rangsangan batuk). Apabila tekanan ini terlalu keras, pada saat Anda membuat batuk Anda keras untuk mempermudah keluarnya lendir atau dikarenakan keluhan gatal pada tenggorokan, maka peningkatan tekanan secara tiba-tiba ini akan membuat perut dan dada Anda terasa nyeri.

Apabila hasil roentgen Anda normal maka kemungkinan permasalahan berada pada saluran napas bagian atas. Hal tersebut dapat disebabkan karena infeksi, iritasi, atau alergi, mengingat gejala ini sudah terjadi selama 1 bulan. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis THT untuk evaluasi lebih lanjut guna mencari penyebab dari keluhan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    1 Komentar

    • Reisky Maulana

      Dok, saya mengalami keluhan yang sama, batuk kering dan gatal, sempat batuk tiap menit dan sekeras-kerasnya. kemudian dada bagian iga (dibawah payudara kiri) nyeri seperti nyeri tulang. setelah diobati batuk sudah mulai sembuh tapi nyeri masih bertahan. apakah hanya masalah otot saja?