Sukses

KB teratur, bisa hamil?

19 Oct 2014, 13:56 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selamat pagi dok, saya mau tanya : Saya sudah mempunyai satu anak dan saya menggunakan suntik KB 3 bulan sekali dan saya datang bulan bisa sampai hampir 2 minggu tapi sedikit2, oleh karena itu saya pindah ke suntik KB 1 bulan sekali sudah 2 bulan (2 kali suntik) haid saya lancar dan selalu pada tglnya (tidak pernah telat) biasanya saya haid setiap tgl 17 Dan bulan Juli kemarin saya suntik tgl 22 Juli (memang waktu tgl suntik saya setiap bulannya) dan setiap suntik KB saya masih haid . dan di bulan Agustus ini saya belum haid juga dok, padahal tgl 17 agustus ini saya seharusnya sudah haid dan saya suntiknya di tgl 20 Aug (maju 2 hari ). Sekarang sudah tgl 27 Aug saya belum haid jg APAKAH SAYA HAMIL DOK? padahal saya selalu suntik setiap bulannya. Saya ada tanda2 perasaan seperti hamil yaitu buah dada saya perasaan saya keras dan sakit (hanya itu saja), tapi itu jg termasuk tanda2 mau haid jg dok. Jadi saya bingung, saya masih tidak mau hamil dok, apa ya saya lakukan agar saya tidak jadi hamil? dan haid saya segera datang? Terima kasih dok, saya mau minta penjelasannya. ( perempuan, 28 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

KB suntik 1 bulan mengandung mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat. Pada pemakaian KB ini, siklus menstruasi terjadi lebih stabil setiap bulannya. Namun memang perlu diperhatikan bahwa KB ini berisi hormon yang berpengaruh terhadap sistim hormonal tubuh yang mengatur siklus ovulasi dan siklus menstruasi. Sebagian besar wanita yang menggunakan KB suntik 1 bulan memang mengalami siklus menstruasi teratur, namun sebagian kecil wanita terkadang tidak mendapatkan menstruasi atau siklusnya tidak teratur.

Tanda kehamilan dan tanda menstruasi memang terkadang mirip sehingga sulit untuk membedakannya. Keterlambatan menstruasi Anda bisa berarti 2 hal,  kehamilan atau pengaruh hormonal serta lingkungan (ex: stress) yang menyebabkan keterlambatan menstruasi.

Persentase kehamilan pada pemakaian KB suntik 1 bulan adalah 0,3%, kecil memang tetapi KB ini tidak mencegah kehamilan 100%. Karena siklus Anda sebelumnya teratur dan kali ini Anda terlambat menstruasi, alangkah baiknya apabila Anda melakukan pemeriksaan kehamilan, baik dengan test pack maupun dengan pemeriksaan laboratorium untuk pemeriksaan hormon hCG.

Apabila hasilnya positif atau hormon hCG Anda meningkat setara dengan kenaikan hormon pada kehamilan, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar