Sukses

Kepiting untuk ibu hamil

19 Oct 2014, 22:45 WIB
Wanita, 28 tahun.
dok saya sedang hamil 9 minggu, umur 28 tahun, berat 82kg dan tinggi 152cm, dan ini kehamilan pertama saya. saya mau tanya apakah : 1. mengkonsumsi telur kepiting dari sejak kehamilan dini seminggu 1-2x dapat membuat otak bayi menjadi lebih pintar nantinya? 2. dan sebenarnya kandungan apa yang terdapat dalam telur kepiting tersebut? sejauh yang saya tahu baru ikan yang bagus u/ perkembangan otak nantinya, 3. untuk suplemen tambahan (beli sendiri di apotik century) seperti squalene, omega 3, omega 5, lecithin dsbnya apakah boleh dikonsumsi selama hamil? sebaiknya mulai usia kandungan berapa bulan? terima kasih sebelumnya.( perempuan, 28 thn,158 cm,82 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda berikan :

1. Mengkonsumsi telur kepiting dari sejak kehamilan dini seminggu 1-2x dapat membuat otak bayi menjadi lebih pintar nantinya? sebenarnya kandungan apa yang terdapat dalam telur kepiting tersebut? sejauh yang saya tahu baru ikan yang bagus u/ perkembangan otak nantinya

Sejauh ini yang sudah diteliti kandungan nutrisinya adalah daging kepiting, bukan telurnya. Daging kepiting sendiri mengandung kadar protein yang cukup tinggi (18g/100g daging), kaya akan kalsium (89g/100g daging), namun rendah kadar kolesterol atau lemaknya dibandingkan dengan seafood lain. Kepiting juga mengandung EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yaitu komponen asam lemak Omega-3 yang penting dalam pembentukan membran sel otak pada janin sejumlah 0.3 gram.

Namun memang perlu diperhatikan, bahwa seafood memang merupakan sumber protein yang sangat baik namun juga dapat mengandung kontaminan berupa merkuri, dioksin, atau logam berat. Kadar merkuri paling tinggi terdapat pada jenis ikan besar atau ikan pemangsa seperti ikan hiu, makarel (king mackerel), marlin, dan tuna. Pada ibu hamil, tidak disarankan untuk mengonsumsi jenis ikan di atas karena dikhawatirkan kandungan merkuri atau logam berat yang tinggi. Pajanan logam berat yang dikonsumsi ketika hamil dapat menyebabkan keterbelakangan mental atau gangguan perkembangan pada anak.

'Light' tuna (yang berasal dari ikan kecil), dan salmon mengandung sedikit kontaminan. Jenis seafood lainnya sendiri hanya mengandung sedikit kontaminan logam berat. Seafood selain ikan ini dapat dikonsumsi sekitar 12 ons/minggu atau 2-3x penyajian.

Dengan demikian, konsumsi daging kepiting baik untuk ibu hamil guna optimalisasi pertumbuhan otak janin.

2. Untuk suplemen tambahan (beli sendiri di apotik century) seperti squalene, omega 3, omega 5, lecithin dsbnya apakah boleh dikonsumsi selama hamil? sebaiknya mulai usia kandungan berapa bulan?

Asupan gizi untuk ibu hamil guna pertumbuhan dan perkembangan janin sebaiknya bersumber dari makanan alami. Suplemen hanyalah tambahan dan bukan sebagai konsumsi utama yang menggantikan peranan makanan. Apabila ingin mengonsumsi suplemen, kami sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kebidanan dan kandungan Anda. Konsumsi obat , termasuk suplemen, sebaiknya dibatasi di kala hamil dan berada di bawah pengawasan dokter.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar