Sukses

Menyusui saat berpuasa

26 Aug 2009, 07:46 WIB
Wanita, 26 tahun.
Bagaimana sebaiknya berpuasa pada saat menyusui? kebetulan isteri saya sedang menyusui anak kami yang baru berumur 1,3 bulan. bolehkah berpuasa?bagaimana efeknya bagi ibu dan bayi ? mohn penjelasannnya.terimakasih ( perempuan, 26 thn,155 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Dari segi medis, berpuasa di kala menyusui sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal, terutama usia bayi. Ibu yang baru memiliki bayi berusia 0-6 bulan dianjurkan untuk tidak berpuasa. Hal ini dikarenakan ASI merupakan makanan utama bayi yang berusia 0-6 bulan. Apabila berpuasa menyebabkan produksi ASI menurun atau kondisi kesehatan ibu dan bayi terganggu, maka disarankan untuk tidak berpuasa.

ASI tetap diproduksi selama ibu berpuasa, namun jumlah kandungan lemak di dalam ASI tersebut akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan bayi menjadi mudah lapar dan semakin sering menyusu. Ibu dapat menghindari hal tersebut dengan menambah asupan lemak di dalam makanan berupa keju, mentega, dan susu.

Berpuasa tetap dapat dilakukan  namun asupan makanan ibu menyusui sebaiknya ditambahkan sebanyak 300-400 kalori/hari dari kebutuhan dasar. Namun apabila berpuasa menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi maka dianjurkan untuk tidak berpuasa. Di bawah ini adalah tanda-tanda bayi tidak mendapatkan asupan ASI cukup adalah :

  • Air seni bayi berkurang (bayi baru lahir paling tidak berkemih sekitar 8-10 kali sehari)

  • BAB berwarna kehijauan

  • Bayi gelisah, rewel, dan terus menangis

  • Berat badan bayi berkurang atau bayi tidak meningkat berat badannya

  • Bayi terlihat kurang nyaman setelah menyusui atau membutuhkan asupan makanan tambahan lainnya

Berpuasa di kala menyusui sebaiknya dihentikan apabila terlihat tanda-tanda dehidrasi (kekurangan cairan) pada ibu, seperti :

  • Keluhan sangat haus

  • Air seni menjadi lebih pekat dan berwarna gelas

  • Ibu merasakan keluhan pingsan, kelelahan, dan lemas

  • Terdapat keluhan demam dan sakit kepala

Apabila ibu menyusui merasakan keluhan di atas atau terlihat bayi tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup, maka disarankan untuk menghentikan puasa.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar