Sukses

Radang tenggorokan perlu AB?

17 Oct 2014, 09:43 WIB
Wanita, 32 tahun.
siang dokter... anak saya (17 bln) sakit radang tenggorokan disertai batuk pilek, akibatnya anak saya makan dan minum hnya sedikit sekali... trus saya diresepkan antibiotik Cefadroxil monohydrate.... yg ingin saya tnyakan... 1. apakah sakit radang tenggorokan itu perlu diberikan antibiotik??? krna dari artikel yg pernah saya baca klo radang itu gak perlu AB, saya jadi bingung, gmana cara menyikapinya.... kasian anak saya sudah sering dapat AB... 2. bagaimana cara mengatasi sakit anak saya itu?? trims... atas jawabannya.. (perempuan, 32 thn,160 cm,72 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Radang tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena seringkali disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebabnya bervariasi dari penyebab noninfeksi hingga infeksi. Penyebab noninfeksi adalah akibat iritasi tenggorokan yang umumnya berkaitan dengan pola makan (makanan panas dan berminyak, makanan pedas), kekeringan (kurang minum, demam), dan trauma (akibat batuk yang terlalu keras) pada tenggorokan. Sedangkan dari penyebab infeksi yang paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%), diikuti oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridans, streptococcus pyogenes (sekitar 15%), dan jamur.

Bergantung dari penyebabnya, terapi yang diberikan bervariasi. Radang tenggorokan noninfeksi cukup disarankan untuk konsumsi air mineral yang banyak, asupan nutrisi dan istirahat cukup, disertai tindakan-tindakan pencegahan dengan menghindari faktor-faktor di atas. Sebagai tambahan, dapat diberikan tablet hisap tenggorokan yang mengandung antiseptik dan/atau antinyeri. Terapi ini juga dapat diberikan pada radang tenggorokan akibat infeksi virus, karena sifatnya yang self-limiting (dapat sembuh spontan tanpa pengobatan).

Antibiotik baru diberikan apabila penyebab radang tenggorokan yang dicurigai adalah karena bakteri. Namun infeksi virus tidak jarang juga disertai dengan infeksi bakteri sehingga pemberian antibiotik terkadang dapat mempercepat dan meningkatkan kesembuhan. Dokter anak Anda pasti memiliki pertimbangan tertentu sebelum memberikan antibiotik tersebut, sehingga yang diperlukan hanyalah komunikasi yang baik untuk mengutarakan kekhawatiran Anda dan mengetahui pemikiran dokter Anda sehingga dapat terjalin kerjasama yang baik antara dokter dan Anda. Apabila saat ini anak Anda sedang mengonsumsi antibiotik, maka tidak bijaksana rasanya untuk menghentikan pengobatan yang anak Anda dapat saat ini. Antibiotik harus dihabiskan sesuai anjuran untuk menghindari kekebalan kuman. Dan pengobatan yang terbaik adalah yang disertai dengan perubahan pola makan dan kebiasaan, termasuk  memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan dan faktor-faktor lain yang telah disebutkan di atas. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar