Sukses

Tidak bisa membuka rahang

19 Oct 2014, 00:23 WIB
Wanita, 19 tahun.
dok, sebenarnya saya tidak tau pertanyaan ini masuk kategori apa.. sudah 3-4 hari ini rahang kanan saya sakit jika digerakkan. kalau makan, saat membuka mulut jadi harus pelan sekali. kalaupun tidak digerakkan, tetap terasa ada yg sakit, di dekat2 telinga kanan. selama 3-4 hari sakit rahang ini, 2 hari pertama selalu menderita pusing sebelah (lebih sering yg kanan). namun sejak SD saya memang sudah sering menderita migrain tanpa sebab yg jelas, sepertinya sih jika saya beraktivitas lama di luar ruangan.. sebenarnya apakah ada hubungan antara rahang saya yg kini sakit dengan sakit kepala yg sering saya derita? lalu apa penyebab rahang saya sakit? saya tidak pernah menguap atau membuka mulut terlalu lebar.. berbahayakah ini, dok? terima kasih banyak.( perempuan, 19 thn,159 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Untuk menentukan diagnosa dari keluhan tersebut, dibutuhkan pemeriksaan secara langsung pada kondisi gigi geligi secara keseluruhan dan juga pada sendi rahang Anda. Apa yang dapat Saya kemukakan disini hanya berdasarkan asumsi dari keterangan Anda, yang sayangnya juga kurang terperinci.

Pertama dugaan Saya berkaitan dengan gigi molar (geraham) tiga yang letaknya di ujung rahang, yaitu gigi paling belakang yang normalnya baru erupsi/tumbuh di usia 18 tahun keatas. Pada beberapa kasus, gigi tersebut tidak dapat tumbuh secara normal bahkan terhalang pertumbuhannya karena ruangan yang tersedia tidak mencukupi sehingga gigi molar tumbuh miring bahkan tidak muncul sama sekali, terbenam dalam gusi dan tulang. Pada proses pertumbuhannya itulah terkadang menekan salah satu syaraf atau menekan gigi tetangganya, atau bila sebagian mahkota gigi berhasil menembus gusi maka terkadang gusi masih menutupi sebagian permukaan mahkota tersebut. Akibatnya makanan terjebak di celah antara gusi dan gigi sehingga gusi meradang dan menyebabkan trismus dan kesulitan saat membuka mulut.

Selain dari hal tersebut, kemungkinan lainnya adalah Anda mengalami kelainan sendi rahang, yang penyebabnya sangat bervariasi. Sendi rahang (Temporomandibular Joint/TMJ) dapat mengalami kelainan yang disebabkan posisi gigi atas dan bawah tidak normal sehingga pada saat rahang atas dan bawah dikatupkan, sendi rahang berusaha mencari gigitan yang nyaman, sehingga menyebabkan penyimpangan gerakan sendi. Perlu dipahami bahwa gerakan sendi rahang cukup kompleks, melibatkan otot-otot di sekitar wajah. Adanya kebiasaan buruk juga dapat menyebabkan kelainan sendi rahang, misalnya bruxism yaitu mengerat gigi saat tidur, atau kebiasaan tidur pada satu sisi atau berpangku tangan pada satu sisi. Anatomi wajah yang tidak normal juga dapat menyebabkan kelainan, misalnya rahang yang miring sejak lahir, sehingga gigitan tidak normal. Coba Anda ingat-ingat pernahkah terjadi trauma/benturan keras pada sisi tersebut?Hal itu juga dapat menjadi penyebab keluhan Anda.

Banyak sekali kemungkinannya, oleh karena itu Saya sarankan Anda berkonsultasi secara lansung ke dokter gigi agar dapat diperiksa secara komprehensif. Ada baiknya Anda konsultasi ke dokter gigi spesialis prosthodontik yang mempelajari TMJ secara lebih mendalam. Anda dapat menggunakan fitur "Cari Dr/Rs" yang terdapat di website Kami untuk mendapatkan informasi mengenai dokter yang berpraktek di kota/tempat tinggal Anda.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar