Sukses

Gigi Rusak Total tapi Malu ke Dokter

01 Feb 2016, 13:20 WIB
Pria, 26 tahun.

Masalah kesehatan gigi yang kritis. Saya mempunyai masalah gigi yang benar2 parah. hal ini dikarenakan pendidikan ttg kesehatan gigi dan mulut dari orang tua sewaktu kecil sangat kurang,malu ke dokter gigi dan akibat trauma ke dokter gigi karena pernah hampir pingsan saat cabut gigi (gigi yang dicabut pecah dan tidak dapat terlepas). Masalah yang saya derita adalah: 1. Gigi berlubang. Gigi graham saya banyak yang berlubang. Sebelumnya hanya berupa karang gigi. Ada yang lubangnya masih kecil, bahkan ada yang tinggal akarnya saja. Walau saya rajin menyikat gigi tetapi tidak mengurangi kerusakan pada gigi saya. Ini diakibatkan karena saya sudah lama tidak melakukan perawatan ke dokter gigi (akibat malu, trauma dan menganggap perawatan gigi membutuhkan biaya yang sangat mahal). 2. Kedua gigi seri bagian atas sudah ompong, sehingga saat ini saya harus menggunakan gigi palsu yang dapat dilepas. Tetapi hal ini juga masih dirasa kurang, karena warna gigi palsu tersebut tidak seputih gigi yang lain. Dikarenakan masalah diatas, membuat kepercayaan diri saya untuk bersosialisasi semakin menurun. Sehingga saya ingin melakukan perawatan atau rehabilitasi total terhadap gigi-gigi saya yang sudah rusak. Pertanyaan saya : 1.Apakah di sesusia saya masih dapat dilakukan perawatan yang menyeluruh terhadap gigi-gigi saya? 2.Apakah saya dapat mengganti gigi palsu saya dengan gigi palsu yang lebih permanen atau implan? Karena sempat melihat brosur tentang salon kecantikan gigi yang dapat melakukan penanaman pasak yang kemudian dapat dipasang gigi baru diatasnya. 3. Kemanakah saya harus berkonsultasi? Apakah dokter gigi biasa sudah dapat menangani masalah saya? 3. Berapa biaya yang mesti saya siapkan untuk melakukan perbaikan menyeluruh terhadap kondisi gigi saya, dengan kondisi banyak gigi berlubang/mesti di ditambal dan cabut serta untuk penanaman gigi baru yang sudah ompong? Terima Kasih( laki-laki, 26 thn,162 cm,52 Kg)

Silakan klik next untuk tahu jawaban drg. Martha Mozartha.

Gigi Rusak Total tapi Malu ke Dokter

Sdr. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Saya rasa Anda sudah selangkah lebih maju dengan adanya niat untuk memperbaiki kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda secara total. Menurut Saya, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan rasa malu dan trauma untuk berhadapan dengan dokter gigi. Pengalaman Anda di masa lalu belum tentu menjadi hal yang akan terulang kembali. Tidak perlu malu, karena seburuk apapun kondisi Anda, sudah menjadi kewajiban bagi dokter gigi untuk menangani kasus Anda sesuai kapabilitasnya dan menjaga kerahasiaan kasus pasien.

Menjawab pertanyaan Anda:

1. Tentu saja dapat dilakukan perawatan komprehensif bagi kondisi gigi pasien seusia Anda, namun membutuhkan kerja sama yang baik antara dokter gigi dan pasien untuk mencapai keberhasilan perawatan. Kepercayaan dan komunikasi antara pasien dan dokter memegang peranan penting, Anda sebagai pasien berhak untuk mengetahui rencana perawatan yang akan dilakukan dan juga alternatif perawatan lainnya.

2.Sayangnya Anda kurang menjelaskan secara lebih rinci, seperti apa gigi palsu yang saat ini Anda gunakan. Apakah gigi tiruan tersebut Anda buat di tukang gigi atau dokter gigi?Apakah kedua gigi seri sudah tercabut sempurna atau masih ada sisa akar?Bagaimana bentuknya, apakah hanya berupa mahkota gigi saja atau ada bagian yang menyerupai gusi yang terbuat dari plastik akrilik dan logam seperti kawat yang menempel pada gigi lain yang berfungsi sebagai pencengkeram gigi tiruan agar tidak mudah lepas?

Ada beberapa alternatif perawatan untuk mengganti gigi depan yang hilang. Bila gigi di sebelah gigi yang hilang masih dalam kondisi baik, maka dapat dibuatkan gigi tiruan jembatan (crown and bridge) untuk mengganti kedua gigi seri yang hilang, namun harus sesuai dengan indikasi dan telah dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi gigi lain yang akan dijadikan penyangga. Gigi tersebut dapat digantikan dengan implant, namun pada umumnya biaya perawatan cukup mahal, sebagian dokter gigi menetapkan biaya rata-rata 10 jutaan per gigi malah ada yang lebih mahal dan sangat bergantung dari material yang digunakan . Bila Anda belum mendapatkan gambaran mengenai perawatan implant, silakan klik https://www.klikdokter.com/column/detail/33

Bila ternyata gigi depan Anda itu masih ada sisa akar dan kondisinya masih memungkinkan untuk dibuatkan gigi tiruan pasak,namun sebelumnya gigi tersebut harus dirawat saluran akar terlebih dulu.

3. Dokter gigi umum -dalam artian bukan drg spesialis- dapat merawat kasus Anda, namun bila tidak sesuai dengan kompetensi drg umum maka harus dirujuk ke dokter gigi spesialis prosthodontik yang mendalami pembuatan gigi tiruan. Intinya pertama-tama terlebih dulu diperiksa secara seksama kondisi gigi Anda, gigi berlubang yang masih dapat dipertahankan ditambal atau bila lubang sudah dalam mencapai rongga pulpa maka harus dirawat syaraf baru direstorasi dengan tambalan tuang dari logam atau mahkota tiruan (jacket crown). Gigi yang tidak dapat dipertahankan dicabut dan diganti dengan gigi tiruan.

Yang terakhir mengenai biaya, tidak dapat Saya ungkapkan dengan pasti karena sangat tergantung dari masing-masing dokter dan material yang digunakan, serta kerumitan masing2 kasus. Bila Anda memiliki biaya finansial, dapat Saya sarankan Anda dirawat di rumah sakit pendidikan di kota Anda, dalam hal ini di FKG UGM karena Anda berdomisili di Jogjakarta. Dapat juga Anda gunakan fitur "Cari Dr/RS" yang terdapat pada website Kami untuk mendapatkan informasi dokter gigi umum/spesialis yang berpraktek di dekat tempat tinggal Anda.

Seburuk apapun kondisi gigi Anda, Saya yakin masih dapat diperbaiki. Carilah info sebanyak-banyaknya mengenai cara perawatan gigi yang benar, mulai dari bagaimana cara menyikat gigi dan benar dan lain sebagainya. Info tersebut dapat Anda dapatkan sebagian di rubrik gigi website Kami. Sebagus apapun hasil perawatan yang telah dilakukan dokter gigi Anda, hasil tersebut perlu dipertahankan dengan menjaga oral hygiene Anda.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

1 Komentar

  • Parulian P

    assalamualaikum wr.wb, alhamdulillah, setelah saya melihat pertanyaan dan jawaban ini saya menjadi percaya diri untuk ke dokter. terimakasih untuk bapak(yang bertanya), dan Ibu drg. Martha Mozartha yang memberikan jawaban yang luar biasa :) saya mendoakan yang terbaik untuk kita semua. terimakasih:)