Sukses

Perhitungan masa subur siklus iregular

21 Aug 2009, 11:37 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok, saya mau bertanya. Bagaimana mengetahui kapan masa subur saya dihitung dari hari pertama mens? karena siklus mens saya tidak teratur, jadi agak sulit apabila menghitungnya dari hari pertama mens bulan berikutnya. Thanks...( perempuan, 26 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perhitungan masa subur cukup efektif bagi wanita dengan siklus menstruasi normal dan teratur. Siklus menstruasi normal adalah siklus menstruasi yang berlangsung antara 21-35 hari, @2-7 hari, @ 20 - 60ml/hari. Perhitungan dengan kalender untuk siklus menstruasi yang tidak teratur kurang akurat. Namun apabila Anda ingin mencoba menghitungnya, Anda dapat mengikuti rumus di bawah ini :

  • Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
  • Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya adalah :

Hari pertama masa subur = jumlah hari terpendek - 18

Hari terakhir masa subur = jumlah hari terpanjang - 11
 

Contoh :

Siklus terpendek seorang wanita adalah 28 hari dan siklus terpanjang 37 hari.

Perhitungannya : 28-18 = 10 dan 37–11 = 26. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-10 sampai ke 26 dari hari pertama haid. Apabila suami-istri merencanakan kehamilan maka sebaiknya melakukan hubungan intim teratur (2 hari sekali) sejak hari ke-10 sampai hari ke-26.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar