Sukses

Mioma dan rencana kehamilan

17 Oct 2014, 01:46 WIB
Wanita, 29 tahun.
saya mau tanya, saat ini say belum hamil, tapi mau program hamil dan kemaren saya USG dalam, dokter bilang saya ada mium kecil.yang saya mau tanyakan apakan mium bahaya buat orang hamil?bagaimana cara pencegahan mium membesar?pengaruh tidak yah karena saya pernah dikuret akibat keguguran?makasih ( perempuan, 29 thn,156 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Mioma uteri adalah pertumbuhan berlebih jaringan miometrium atau jaringan otot di dalam rahim. Mioma sendiri apabila berukuran kecil dan tidak membesar serta tidak menimbulkan keluhan maka hanya akan diobservasi saja dengan pemeriksaan USG berkala.

Pada kehamilan, mioma sendiri dapat membesar karena ketergantungannya terhadap hormonal. Apabila saat sedang hamil mioma terus menerus membesar maka dikhawatirkan terjadinya gangguan pertumbuhan janin dikarenakan 'kalah' oleh mioma yang juga semakin membesar. Mioma tidak berhubungan dengan keguguran.

Mengenai program hamil dan mioma yang Anda miliki ini sendiri sebaiknya Anda konsultasikan langsung ke dokter kebidanan Anda mengenai perlukah mioma yang Anda miliki ini diterapi. Pada beberapa kasus mioma tidak akan pernah membesar meskipun dalam masa kehamilan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar