Sukses

Menaikkan berat badan

20 Aug 2009, 08:09 WIB
Wanita, 22 tahun.
Siang Dok, Saya mau tanya, usia saya 22th dengan tinggi badan 153cm dan berat badan 42kg. Untuk ukuran itu setau saya normal, tapi badan saya tidak terlihat normal namun kurus. Apakah benar dengan tinggi dan berat badan saya tersebut sudah normal dok? Saya sudah berusaha menaikkan berat badan saya dengan sering mengunyah baik makanan besar maupun cemilan. Saat rajin2nya saya mengkonsumsi memang berat badan saya bisa naik 1-2kg, tapi ketika saya mengurangi sedikit saja cemilan yang biasa saya konsumsi berat badan saya langsung turun kembali ( 41-42 kg ). Yang ingin saya tanyakan, apakah yang mempengaruhi susahnya saya menaikkan berat badan? Apakah ada hubungannya dengan kesehatan saya? dan mengapa saya terlihat lebih kurus? Lalu bagaimana caranya agar saya bisa terlihat lebih gemuk dan berisi? Terimakasih...( perempuan, 22 thn,153 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menurut perhitungan Indeks Massa Tubuh, IMT Anda adalah 17,94 yang termasuk ke dalam golongan underweight atau kurang berat badan. Dengan tinggi badan Anda, berat badan ideal berada di dalam kisaran 47-58 kg.

 

Berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Hal tersebut mengakibatkan sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid. 

Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (dapat juga keturunan). Berat badan Anda dapat dinaikkan dengan cara :

 

  1. Makanlah secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal
  2. Makanlah lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu
  3. Tetap berolahraga secara teratur. Hal ini disebabkan karena beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Di lain sisi, olahraga perlu untuk menjaga tubuh tetap terlihat kencang, mengantisipasi berat badan yang naik beberapa kilogram. Tidak perlu yang terlalu berat, cukup jalan kaki selama 30 menit secara teratur dapat menjaga keseimbangan tubuh
  4. Yang terakhir adalah cukup istirahat agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma

Saran kami sebaiknya Anda mencoba menaikkan berat badan dengan perubahan pola hidup. Pola hidup lah yang sebaiknya Anda biasakan untuk tetap mempertahankan berat badan. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar