Sukses

Pap Smear

20 Aug 2009, 07:01 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok, saya mau tanya klu saya ada rencana untuk melakukan Pap Smear karena sebelumya saya belum pernah melakukan Pap Smear. Dan untuk sekaligus membersihkan juga. Yang mau saya tanya kira-kira biayanya berapa ya Dok dan sebaiknya dilakukan di Bidan atau RS ? Karena saya takut ada kesalahan prosedur.( perempuan, 26 thn,157 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pap Smear adalah tes yang dilakukan dengan tujuan mendeteksi kelainan yang terdapat di dalam serviks (leher rahim). Tes ini dilakukan dengan mengambil sedikit lendir leher rahim guna diperiksa sel yang terdapat di dalamnya.

Pap smear umumnya dilakukan oleh dokter kebidanan atau bidan terlatih yang memiliki alat untuk pap smear. Namun alangkah baiknya apabila sebelum melakukan pap smear Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kebidanan dan tentu saja hasil dari pemeriksaan pap smear tersebut dibaca dan didiskusikan bersama Anda oleh dokter kebidanan.

Biaya pap smear bervariasi antara rumah sakit, kisarannya antara Rp 100.000 - Rp 800.000, tergantung di center mana Anda melakukan pap smear tersebut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar