Sukses

Sakit kepala dan penurunan daya ingat

19 Aug 2009, 13:22 WIB
Wanita, 31 tahun.
Salam. Dokter, saya punya riwayat gegar otak 19 tahun yang lalu. Sudah pernah rekam otak. Kira-kira 2 tahun yang lalu saya melakukan CT Scan, menurut dokter hasilnya baik. Namun, akhir-akhir ini, saya sering sakit kepala di bagian kanan belakang. Kalau ditekan, rasanya sakit. Selain itu, sakitnya juga bersambung ke leher bagian kanan. Seperti ada yang menekan kepala saya dari dalam. Saya juga merasakan penurunan daya ingat yang cukup signifikan dan mudah mengantuk. Pertanyaan saya Dok, : Tindakan medis apa saja yang bisa saya tempuh? Saya sangat mengharap saran dari Dokter. Atas perhatian Dokter saya ucapkan terimakasih. -Inne Saraswati-( perempuan, 31 thn,163 cm,163 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sakit kepala sangat banyak penyebabnya. Untuk terapi yang tepat, tentunya harus ditentukan terlebih dahulu penyebab dari sakit kepala yang Anda alami. Sulit untuk mengatakan bahwa sakit kepala ini memiliki hubungan dengan gegar otak Anda 19 tahun yang lalu karena lamanya waktu berselang dan baru terdapat keluhan saat ini. Namun tentunya kemungkinan keterkaitan tersebut belum dapat sepenuhnya disingkirkan.

Nyeri kepala yang Anda rasakan pada bagian kanan dan menjalar ke leher kanan serupa dengan gejala migrain dan tension headache. Yang perlu dicari adalah pencetusnya. Selain itu, yang perlu diwaspadai adalah penurunan daya ingat secara signifikan seperti yang Anda sebutkan. Sayang sekali Anda tidak memberikan contoh konkrit seperti apa penurunan daya ingat tersebut mengingat usia Anda saat ini yang masih muda.

Apabila memang dicurigai adanya gangguan pada otak, maka dapat disarankan untuk pemeriksaan MRI dan EEG. Namun tentunya Anda haruslah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk evaluasi secara langsung guna mencari kemungkinan penyebab dari sakit kepala dan penurunan daya ingat yang Anda alami.

Anda dapat membaca artikel kami mengenai sakit kepala migraine dan sakit kepala melalui URL link di bawah ini :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/55

www.klikdokter.com/illness/detail/57

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar