Sukses

Bintik merah di alat kelamin

19 Oct 2014, 02:41 WIB
Pria, 35 tahun.
dok, kira2 dua tahun lalu saya jajan, setelah berhubungan, kemaluan saya gatal2 yang sangat luar biasa. selang berapa hari kemudian timbul bintik2 putih di sekitar kemalian, dan di bagian buah sakar, ada macam jerawat tapi tidak terlalu banyak, satu dua aja. sekarang saya sudah menikah, dan belum konsultasi ke dokter karena daerah kami belum ada dokter spesialis kulit dan kelamin. ( di daerah Manggarai, NTT). saya perhatikan lagi, ternyata di ujun kemaluan saya, ada bintik2 merah, tapi tidak timbul, hanya tenggelam dibawah kulit. kira2 gejala penyakit apa tu dok. n apa obatnya. makasih sebelumnya( laki-laki, 35 thn,168 cm,85 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Apabila dua tahun yang lalu Anda melakukan hubungan intim tanpa menggunakan 'pengaman' (kondom), maka tentunya Penyakit Menular Seksual (PMS) merupakan salah satu pertimbangan penyebab dari gejala gatal dan munculnya bintik-bintik saat itu. Apakah dahulu Anda berobat?

Saat ini, selain bintik-bintik merah tersebut, apakah terdapat keluhan lain? dan apakah bintik-bintik merah tersebut baru terlihat akhir-akhir ini? Apakah beberapa waktu terakhir Anda masih sering 'jajan' tanpa menggunakan 'pengaman'? apakah ada keluhan buang air kecil Anda (bernanah, keruh, sakit, panas)?

Sulit untuk menentukan apa yang Anda alami tanpa melihat langsung kelainan yang Anda alami. Bintik-bintik merah tersebut dapat berupa infeksi bakteri, virus, jamur, alergi, peradangan, atau PMS. PMS masih merupakan pertimbangan apabila memang Anda masih sering 'jajan' tanpa pengaman. Apabila memang tidak ada spesialis kulit dan kelamin, kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter umum agar dapat dilihat dan dievaluasi keluhan Anda secara menyeluruh. Terapi akan diberikan setelah diketahui penyebabnya.

Anda juga dapat melihat beberapa artikel kami mengenai PMS dan penyakit kelamin lainnya di dalam Indeks Penyakit subkategori Kulit dan Kelamin.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar