Sukses

Kuretase penghambat kehamilan?

20 Oct 2014, 08:54 WIB
Wanita, 31 tahun.
juni 2008 saya keguguran abortus inkomplet krn BO...dikuret di rs.salak bogor.stlh dikuret menstruasi sy banyak selesai 1minggu (sebelumnya menstruasi sy yg wujud darah merah paling cuma 2hr,sedikit setelahnya coklat kadang 5hr dah bersih). sept 2008 menstruasi sy smp 10hr dan pd hari itu keluar seperti daging,sy ke dr.obsgin di purwokerto katanya sisa kuret yg tidak bersih.malah bagus keluar sendiri,katanya.mulai th 2009 menstruasi sy kembali seperti dulu lagi.sy sudah ke dr.obsgin lg di bogor diperiksa semua normal..hanya ada kista fisiologis.th 2004 ada kista fisiologis tp setelah itu tdk pernah ada lagi,br usg juni kemarin terlihat lg.sy sudah diberi obat yg diminum hr ke-2 mens.sy jg sudah minum susu hamil,vit e dan skr sdg mencoba minum pil kb ats anjuran dokter (dl wkt hbs kuret jg srh minum pil kb tp tdk sy jalankan).sy ingin sekali punya keturunan..apa yg hrs saya lakukan dok...berdoa,pasrah,usaha sudah..tggl tgg kali yaa..oya suami saya perokok berat..suruh ngurangi tidak mau..gimana dok??trmksh( perempuan, 31 thn,165 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Anda pernah hamil, walaupun tidak ada informasi berapa lama menikah baru terjadi kehamilan, tetapi berakhir dengan proses kuretase karena keguguran. Hal tersebut menunjukkan kemungkinan untuk hamil lagi cukup baik.

Dari hasil pemantauan kami, ada baiknya hal yang pertama dilaksanakan adalah mengurangi berat badan, karena berat badan berlebih akan memberikan faktor kontribusi menurunkan kemungkinan hamil dan meningkatkan resiko keguguran.

Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan kondisi saluran telur dengan HSG, dilanjutkan dengan analisa pemeriksaan sperma suami. Jika sperma dan saluran telur baik, maka sebaiknya coba minum obat untuk merangsang pertumbuhan sel telur. Jika respons indung telur baik (sel telur tumbuh normal), maka bisa dicoba cara yang sama selama 6 siklus.

Jika beberapa langkah diatas sudah ditempuh namun belum menghasilkan yang diharapkan, maka lakukan sekali lagi konsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan terdekat. Sukses, semoga lekas hamil dan sesuai denga yang diharapkan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar