Sukses

Ketombe di belakang telinga?

18 Aug 2009, 17:17 WIB
Wanita, 31 tahun.
dok,saya mau bertanya masalah telinga saya.Sya wanita berjilbab.Saya juga suka membersihkan telinga dgn menggunakan cottonbud.Di telinga saya sering timbul kotoran telinga berupa seperti ketombe di bagian belakang telinga.Jadi kotorannya kering dan putih.Dan meski saya dr pagi pakai jilbab(ke kantor),pulang kerja pasti sudah timbul kotoran.Dan menimbulkan bau tdk enak.Kenapa fgn telinga saya dok?Saya belum pergi ke dr THT.Mohon bantuan dok...Terima Kasih (perempuan, 31 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Memang informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas, namun kami menduga kotoran pada belakang telinga Anda tersebut merupakan sejenis eksim yang terkait dengan produksi minyak oleh kelenjar-kelenjar pada kulit. Keadaan ini dalam bahasa medis biasa disebut dermtitis seboreik, yaitu peradangan kulit kronis yang mengenai daerah-daerah tempat kelenjar minyak (kelenjar sebasea) berada. Kelainan yang ditemukan bervariasi mulai dari kulit bersisik seperti ketombe dengan dasar kemerahan hingga koreng kekuningan yang lengket, paling sering ditemukan pada daerah perbatasan rambut, termasuk kulit di belakang telinga.

Kondisi ini berlangsung kronis sehingga umumnya terdapat periode tenang (tanpa gejala) diikuti oleh periode akut yang berulang. Terapinya adalah dengan pemberian shampoo yang mengandung antijamur, tar, asam salisilat, dsb serta krim steroid untuk meredakan gejala peradangannya atau dapat ditambahkan dengan pengobatan steroid oral sesuai indikasi. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikannya, agar terapi dapat dilakukan secara optimal. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar