Sukses

Sakit di sekitar gusi tanpa sebab

18 Oct 2014, 09:59 WIB
Wanita, 42 tahun.
Dr,saya mau cerita sedikit tentang penyakit saya . sejak tahun 2003 saya merasakan saraf dibawah gusi gigi bawah sakit terasa nyeri sekali setiap detik tak henti-hentinya , saya sudah pergi berobat ke dokter saraf,dan gigi, dan sudah di ronsen, dan di USG, sudah di kasih obat, tapi tidak ada perkembangannya sampai saat ini, sudah berapa kali ganti dokter, dan rumah sakit , tetap tidak ada hasilnya . sementara saya mengkomsumsi obat anti nyeri, dan penenang . menurut dokter apa solusi dokter yang terbaik untuk mengatasi keluhan penyakit saya ini . mohon informasi dari dokter . saya tunggu. terimakasih banyak sebelumnya .( perempuan, 42 thn,150 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Bila setelah dilakukan pemeriksaan gigi dan mulut tidak ditemukan kelainan dan semua gigi dalam kondisi baik, ada kecurigaan bahwa Anda menderita trigeminal neuralgia yaitu rasa nyeri di daerah tertentu pada wajah, disebabkan karena kelainan pada salah satu syaraf di daerah wajah. Rasa sakit ini umumnya digambarkan seperti berdenyut tajam seperti tersengat aliran listrik yang hilang timbul dan dapat terasa selama beberapa detik hingga beberapa menit.Pada beberapa kasus, rasa sakit disertai kejang otot wajah.

Rasa sakit timbul dari salah satu cabang syaraf trigeminal, yang merupakan penghantar rangsang sensorik dari wajah ke otak. Syaraf ini bercabang tiga,  namun rasa sakit umumnya paling banyak dirasakan di percabangan maksila (rahang atas) dan mandibular (rahang bawah). Oleh sebab itu rasa sakit dapat terasa di sepanjang syaraf maksila yang berjalan di sepanjang tulang pipi, sebagian hidung, dan di bibir bagian atas serta gigi-gigi di rahang atas. Sedangkan bila yang terkena syaraf mandibular maka rasa sakit dapat terasa di sekitar pipi bagian bawah, bibir bawah, dan gigi di rahang bawah.

Penyebab pasti dari penyakit ini masih diperdebatkan, namun disepakati bahwa terjadi kerusakan syaraf yang mungkin disebabkan oleh trauma atau tertekannya syaraf atau adanya aktivitas syaraf yang berlebihan.Mungkin bisa Anda coba ingat-ingat pernahkah terjadi trauma di daerah tersebut?

Kondisi ini sebaiknya ditangani oleh dokter ahli. Perawatannya terutama bertujuan untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan pasien, sehingga pasien sering diberikan obat penghilang rasa sakit yang sering diberikan pada pasien epilepsi. Pemberian obat dengan cara suntikan juga dapat mengurangi rasa sakit. Pada beberapa literatur disebutkan accupressure dapat dilakukan untuk menangani pasien trigeminal neuralgia.

Semua yang Saya kemukakan di atas hanya berdasarkan asumsi karena bagaimanapun juga perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung, dengan riwayat lengkap Anda, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang lain. Anda dapat menggunakan fitur yang tersedia di website Kami yaitu "Cari Dr/RS" sebagai referensi dokter atau rumah sakit yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal Anda.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar