Sukses

Obat batuk saat hamil?

18 Oct 2014, 20:23 WIB
Wanita, 22 tahun.
siang dok dok apakah aman ibu hamil konsumsi obat sanmol dan lapisiv?( perempuan, 22 thn,155 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter..

Sanmol mengandung bahan aktif parasetamol yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan penurun panas tubuh. Parasetamol aman digunakan oleh ibu hamil, sehingga Ibu tidak perlu khawatir mengkonsumsi obat ini, sesuai dengan petunjuk pemakaian.

Lapisiv merupakan obat batuk yang salah satu kandungannya adalah Difenhidramin HCl. Difenhidramin HCL tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil khususnya untuk triwulan pertama karena dapat mengakibatkancacat kongenital berupa palatoschisis atau langit-langit mulut yang terbelah. Sedangkan, pada dosis besar, konsumsi zat aktif ini dapat menimbulkan kontraksi rahim. Karena itu sebaiknya penggunaan obat ini tidak dilanjutkan.

 

Batuk-pilek pada ibu hamil umumnya disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun, kurang asupan cairan, dan kurang istirahat. Memang tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan. Untuk mengatasinya Ibu dapat meneruskan minum madu ditambahkan peppermint yang diseduh dengan air hangat dan mentol atau minyak kayu putih guna mengurangi keluhan hidung tersumbat.

Selain itu, sebaiknya Ibu minum banyak cairan dan makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh Ibu. Apabila hidung sangat tersumbat, Ibu dapat menghirup uap hangat yang berasal dari baskom berisikan air panas. Dan yang terpenting Ibu harus istirahat cukup.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar