Sukses

Nyeri dada, ulu hati, lambung (2)

14 Aug 2009, 14:34 WIB
Pria, 28 tahun.
Selamat Pagi Dokter,Penyakit yang saya alami adalah dada bagian hulu hati sering nyeri semejak 6 Thn yang lalu,dan berlanjut tangan kiri sering kanya kesemutan,susah digerakan,punggung seperti di ditarik. kalau riwayat keluarga saya samapi saat ini tidak ada yang mempunyai penyakit jantung. penyakit yg saya rasakan sebelum operasi usus buntu,kalau lagi kambuh lambung sebelan kiri dan kanan sering sakit,seperti diremas dan ada yang menekannya.Dan juga bila lagi kambuh terasa mual,pusing,lelah dan panas dingin serta sesak nafas.jadi kambuh penyakit saya setiap saat apalagi kalau kelelah dan makanan yang sifatnya pedas,asam. Riwayat penyakit saya: 1. Tipes 2. Usus buntu 3. kejang(waktu kecil) 4. mutah ber (waktu kecil) Terima kasih. Wassalam Iman Supandi( laki-laki, 28 thn,172 cm,95 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan data yang Anda berikan, kemungkinan keluhan Anda berasal dari organ pencernaan atau organ jantung. Keluhan penyakit jantung pada usia muda sangatlah jarang kecuali dari keluarga Anda memiliki riwayat penyakit jantung.

Kemungkinan kedua adalah gangguan pada organ pencernaan. Mungkin lebih baik apabila Anda menjelaskan mengenai pernyataan Anda yaitu, 'kalau lagi kambuh lambung sebelan kiri dan kanan sering sakit'. Mohon disamakan persepsi mengenai daerah lambung yang Anda maksud. Akan lebih baik apabila Anda menyebutkan perut kiri atas, perut kanan atas, dan sebagainya.

Gangguan pada organ pencernaan dapat terbagi atas beberapa diagnosis :

  1. Gastritis (peradangan pada daerah lambung) atau sering disebut maag
  2. GERD atau refluks gastroesofageal dimana katup antara lambung dan esofagus tidak kencang dan makanan naik ke esofagus (kerongkongan)
  3. Enteritis (peradangan pada usus halus)
  4. Kolik abdomen (nyeri perut tiba-tiba akibat dari beberapa penyebab, diantaranya adalah pankreatitis dan batu empedu)

Terlebih lagi ini adalah keluhan kronik yang sudah berlangsung selama 6 tahun, maka sebaiknya segera dicari penyebabnya agar dapat dievaluasi secara tuntas. Apabila memang salah satu pencetusnya adalah makanan pedas, asam, dan kelelahan, maka sebaiknya hindarilah faktor pencetus tersebut dan hindari juga faktor pencetus yang lain.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan evaluasi lebih lanjut untuk terapi Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar