Sukses

Anak kurang zat besi

21 Aug 2009, 12:28 WIB
Pria, 1 tahun.
Dokter yang terhormat, saya mempunyai bayi usia satu tahun. Saat ini ia di diagnosis menderita anemia defisiensi besi. Sedang menjalani terapi zat besi menggunakan Ferlin. Saya mau tanya dok, apakah bayi yang anemia, daya tahan tubuhnya lemah? Karena anak saya sering batuk pilek. Satu bulan bisa 2 minggu lama nya. Dan berulang di bulan berikutnya. Bayi saya mendapat ASI eksklusif 6 bulan. Nafsu makan baik, tapi kadang muntah karena dahak dari batuknya. Dan apakah anemia ini akan berlanjut terus sehingga harus terus minum zat besi? Sekian dok. Mohon penjelasannya. Terima kasih.( laki-laki, 1 thn,72 cm,8 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Memang pada bayi dan balita sering didapat keadaan anemia yang sedikit banyak diakibatkan oleh kekurangan zat besi. Mayoritas pada kondisi ini, sebagai penyebab utamanya pada bayi adalah karena keterbatasan pasokan nutrisi yang hanya cukup mengandalkan ASI.  Dimana pada ASI, walau dipastikan pada ASI mengandung Ferum (Fe; zat besi), jumlah prosentase kandungan zat besi yang ada pada ASI sangat tergantung dari konsumsi nutrisi sang ibu sendiri.

Zat besi merupakan salah satu komponen pencegah anemia serta paparan gangguan kesehatan pada anak lainnya. Terapi yang Anda jalankan bisa dilanjutkan secara konsisten, tentunya harus dengan pengawasan dokter yang berkompetensi secara berkesinambungan.

Kami mendapatkan berat badan anak Anda berada di batas bawah dari normal, kami anjrukan untuk ditambah lagi asupan gizi dan nutrisinya secara bertahap. Selain itu, kebutuhan zat besi pada kemudian hari akan lebih mudah didapat di aneka makanan atau nutrien lainnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam.

Dr. Imral Chair, Sp.AK
(Redaksi Pengasuh Rubrik Tumbuh Kembang Anak Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar