Sukses

Makanan yang digoreng saat hamil

13 Aug 2009, 18:48 WIB
Wanita, 34 tahun.
Selamat Pagi, saya sedang hamil sekitar 8 minggu. Saya menghindari teh,kopi,makanan yang diawetkan, minuman dengan penambah rasa, junkfood, pertanyaan saya apakah makanan gorengan atau yang digoreng juga tidak baik untuk calon bayi yang saya kandung? Kenapa? Saya yang sedang hamil jika naik sepeda di jalan yang rata (beraspal) apakah berbahaya untuk kandungan saya? Mohon bantuan informasinya, terima kasih sebelumnya( perempuan, 34 thn,161 cm,75 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Makanan yang digoreng tidak secara langsung tidak baik untuk janin Anda. Apabila digoreng dengan minyak zaitun atau ditumis sebentar maka tidak ada masalah. Bukan suatu pantangan untuk makan makanan yang digoreng. Makanan gorengan yang memang kurang baik untuk kesehatan adalah makanan yang digoreng di dalam minyak dalam jumlah besar dengan panas tinggi (deep fried).

Bukan hanya pada wanita hamil, pada orang biasa pun makanan gorengan memang tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah berlebihan karena tingginya kadar kolesterol dan lemak di dalamnya. Seperti yang diketahui, lemak dan kolesterol dapat berbahaya bagi kesehatan dan berpotensi menimbulkan obesitas apabila dikonsumsi secara berlebihan. Semua makanan bukanlah merupakan pantangan, termasuk di dalamnya makanan yang digoreng, asalkan dikonsumsi dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan.

Untuk kehamilan di usia muda, disarankan untuk mengurangi aktivitas dan goncangan seminimal mungkin. Hal ini dikarenakan pada trimester pertama, risiko keguguran cukup besar (dengan berbagai penyebab). Apabila bisa dihindari, sebaiknya Anda tidak mengendarai sepeda (terdapat risiko jatuh), di jalanan tidak rata.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar