Sukses

Masalah gigi pada wanita hamil

17 Oct 2014, 01:41 WIB
Wanita, 31 tahun.
saya ibu hami 9 bll, diperkirakan mlahirkan september. gigi saya ada yg ditambal.+- sebulan yg lalu tambalan tsb hrs dibongkar karena gusi dibawahnya "mentul" (spt epulis ?) dg diagnosa spy gasnya keluar.krn mgk disebabkan tambalannya. meskl pd saat itu gigi yg ditembel tdk bermasalah/sakit sedikitpun. setelah 2x(2 minggu) dtg dgn dibiarkan bolong (katanya supaya gasnya keluar), 2x datang di tambal sementara. kemudian hari ini yg menurut jadwal msh hrs ditambal sementara dl lagi, namun berhubung kondisi kehamilan saya yg sudah kurang memungkinkan untuk bolak-balik terus, maka saya memaksa minta di tambal permanent saja. tp siangnya kok jadi agak sakit ya waktu geraham atas dan bawah di antukkan/ditemukan spt pd saat makan. padahal kemarin2nya saat ditembel sementara tidak terasa sakit apapun, tp kenapa saat stlh di tambal permanen, siangnya lgsg sakit ?? saya disertakan asam mefenamat jk sakit, apakah aman untuk janin saya ?( perempuan, 31 thn,165 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sayangnya Saya tidak melihat sendiri kondisi gigi geligi Anda, sedangkan keterangan yang Anda berikan masih sedikit kurang jelas dan agak menyulitkan Saya untuk membuat dugaan. Tanpa mengurangi rasa hormat Saya terhadap rekan sejawat Saya yang merawat gigi Anda, Saya agak kurang sependapat dengan tindakan yang telah dilakukan beliau. Perubahan hormonal yang cukup drastis yang dialami wanita hamil memberi dampak pada rongga mulutnya, salah satunya adalah timbulnya benjolan pada gusi  yang seringkali terletak di daerah gusi di antara dua gigi. Umumnya pasien tidak mengeluhkan rasa sakit yang berkaitan dengan adanya benjolan ini, tapi bisa mudah sekali berdarah. Benjolan tersebut biasanya mengecil dan dapat menghilang dengan sendirinya setelah ibu melahirkan. Epulis berbeda dengan abses yang disebabkan karena infeksi gigi. Abses berisi nanah (pus), bisa disebabkan karena karies atau karies sekunder (karies yang terjadi di bawah tambalan karena tambalan bocor sehingga bakteri dapat berpenetrasi) atau karena penyakit periodontal.

Berkaitan dengan kasus Anda, bagaimana riwayat sebelumnya. Tambalan lama yg sekarang sudah dibongkar menggunakan bahan tambal logam perak (amalgam) atau bahan tambal sewarna gigi?Apakah benjolan tersebut mudah berdarah pada saat penyikatan gigi? Apakah gigi yang ada tambalannya tsb pernah terasa ngilu?Bila seperti yang Anda katakan, tidak pernah ada keluhan pada gigi tersebut, perlu dipastikan apakah benjolan adalah abses, epulis, atau ada kemungkinan lain?

Saya rasa sebetulnya tidak perlu tambalan tersebut dibongkar, mengingat kehamilan Anda sudah berada di trimester akhir. Bila keluhan yang bersifat gawat darurat tidak ada, perawatan dapat ditunda setelah Ibu melahirkan. Mungkin drg Anda mencurigai benjolan tersebut adalah abses dan membongkar tambalan sehingga memberi akses untuk drainase/aliran nanah. Namun sebetulnya bila memang betul abses pun, abses dapat dikeluarkan dengan cara insisi (sedikit melukai gusi untuk mengalirkan nanah). Bagaimana dengan tambalan baru, bahan apa yang digunakan untuk tambalan tersebut?Apakah terasa mengganjal saat digigit?Bila iya, kemungkinan itu yang menjadi penyebab Anda merasa sakit saat mengunyah karena permukaan tambalan melebihi permukaan gigi dan memberi beban berlebihan pada gigi tersebut. Ada juga kemungkinan tehnik penambalan kurang baik, sehingga pasien mengalami apa yang disebut dengan postoperative sensitivity yaitu sensitivitas setelah penambalan, terutaman pada tambalan yang sudah cukup dalam mendekati rongga pulpa yang berisi syaraf.

Ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi lain untuk mendapatkan second opinion akan perawatan Anda. Asam mefenamat cukup aman untuk digunakan wanita hamil seperti Anda, namun gunakan bila perlu saja.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Bila masih ada yang kurang jelas, silakan layangkan kembali pertanyaan Anda pada redaksi Kami.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar