Sukses

USG transvaginal saat haid?

20 Oct 2014, 05:27 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok, mau tanya dok, kenapa utk usg tran vaginal harus dlakukan ketika kita sedang haid dok..?? misalnya utk melihat kondisi rahim, ada kista/perlekatan atau tdk..??? saya agak risih dok, soalnya kan masih byk darah haidnya..?? kapan kah waktu yg paling baik utk saya usg trans v..??? hari keberapa saya haid..???(tujuan saya bukan utk melihat telur matang ya dok...) terimakasih( perempuan, 26 thn,150 cm,5 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Ultrasonografi transvaginal merupakan salah satu metode untuk mengevaluasi organ reproduktif seorang wanita, termasuk di dalamnya adalah uterus (rahim), ovarium (indung telur), serviks (leher rahim), dan vagina. USG transvaginal sendiri merupakan salah satu tipe dari USG pelvis (panggul) dengan metode memasukkan alat transduser melalui vagina.

Apabila USG transvaginal dilakukan di kala seseorang sedang tidak hamil atau bukan untuk melihat sel telur, maka pada umumnya USG ini dilakukan pada hari ke-2 haid. Hal ini dikarenakan pada akhir ataupun pertengahan suatu siklus menstruasi, akan didapatkan gambaran folikel yang menyerupai gambaran kista (apabila memang tujuan dari USG ini adalah mendiagnosis kista dengan ukuran kecil). Pada saat haid tersebut, semua organ reproduksi berada di dalam kondisi basal atau kondisi dasar sehingga memudahkan penilaian.

Tidak perlu merasa risih, transduser yang digunakan akan diberikan kondom yang selalu baru dan diberikan jelly agar tidak nyeri. Yang Anda perlukan adalah mencoba merelaksasikan tubuh agar pemeriksaan berjalan lancar dan dapat terlihat gambaran yang diinginkan secara jelas.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar