Sukses

Mencegah mabuk perjalanan pada anak

12 Aug 2009, 11:32 WIB
Wanita, 24 tahun.
Selamat Pagi Dok ? anak saya sekarang usia 13 bulan 23 hari dengan berat badan per tanggal 06 agustus 2009 7.6 kg dan tinggi 70 cm ( perempuan ).rencana saya lebaran mau mudik kejawa timur dengan posisi sekarang saya ada dibandung ( jawa barat ) kondisi anak saya sekarang sehat.aktif dan dalam keadaan tidak sakit.dengan kondisi anak saya yang sekarang persiapan obat apa yang harus saya bawa untuk mudik lebaran nanti...dan apa kondisi anak saya mendukung untuk dibawa bepergian jauh dan giman caranya mencegah anak tidal mabuk kendaraan jika bepergian jauh naik mobil dan mencegah mabuk jika naik keretaapi...dan menurut kondisi anak saya sebaiknya naik kendaraan apa...terima kasih ( perempuan, 24 thn,155 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Apabila Anda memakai kendaraan pribadi, maka pastikan kotak P3K tersedia di dalam mobil Anda. Kotak P3K tersebut memiliki berbagai kelengkapan pertolongan pertama apabila ada anggota keluarga yang terluka. Untuk persiapan obat, maka yang dapat Anda siapkan adalah beberapa obat standar seperti obat demam, obat sakit kepala, obat batuk-pilek, obat alergi, obat diare, obat mual, dan tetes mata. Selain itu Anda juga dapat membawa obat lain yang memang rutin dikonsumsi apabila memiliki penyakit tertentu.

Apabila anak Anda memang dalam kondisi sehat dan tidak sakit apapun, maka tentunya dia akan siap untuk menempuh perjalanan jauh. Mabuk kendaraan terbagi atas mabuk darat, mabuk laut, dan mabuk udara. Ketiga jenis transportasi ini dapat memicu mabuk. Mabuk perjalanan terjadi karena gangguan penerimaan ketiga sistim keseimbangan tubuh kita, yaitu mata, telinga bagian dalam, dan syaraf keseimbangan di otak.

Apabila Anda atau suami memang mudah mabuk perjalanan, maka berhati-hatilah bahwa anak Anda dapat mengikuti jejak kalian. Penyebab mabuk kendaraan yang lain diantaranya adalah kondisi anak yang kurang sehat, perut kosong sehingga meningkatkan kadar asam lambung yang mencetuskan rasa mual, dan kendaraan yang kurang nyaman dengan goncangan yang cukup hebat. Jalanan yang rusak pun dapat menimbulkan goncangan pada kendaraan dan menyebabkan rasa mual.

Apabila ini adalah perjalanan jauh pertama-nya, maka tentunya Anda perlu mempersiapkan beberapa hal. Di bawah ini terdapat beberapa tips mencegah mabuk kendaraan pada anak :

  1. Pastikan anak Anda dalam kondisi sehat
  2. Sebelum bepergian, sebaiknya anak Anda makan terlebih dahulu namun jangan terlalu kenyang. Perut kosong akan merangsang mual
  3. Pastikan udara di mobil tidak pengap. Anda dapat memasang AC atau membuka sedikit kaca jendela
  4. Bawalah buah-buahan segar seperti jeruk untuk mengurangi rasa mual yang mungkin datang
  5. Jangan biarkan anak Anda terlalu aktif di mobil (bolak-balik ke depan dan belakang hingga kelelahan)
  6. Apabila mobil memiliki 3 baris kursi, tempatkan anak Anda di baris tengah
  7. Apabila Anda memakai kendaraan pribadi dan anak Anda sudah terlihat mual ataupun sudah muntah, maka beristirahatlah terlebih dahulu (1 jam) dan biarkan anak Anda tidur. Apabila Anda di kendaraan umum, maka persiapkanlah kantung plastik. Berjalan di kendaraan bergerak tidak akan membuat mual berkurang
  8. Apabila memang sangat parah, maka berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu sebelum meminumkan obat pada anak. Untuk mengurangi gejala dapat diberikan obat mual untuk anak dan obat antihistamin anak

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar